Red Planet Indonesia Berambisi Tambah 10 Hotel di Jabodetabek

Bisnis.com, JAKARTA – PT Red Planet Indonesia Tbk. berniat menambah sepuluh hotel dalam waktu lima tahun ke depan di wilayah Jabodetabek.

Jaringan hotel dengan merek Tune Hotel itu sekarang baru memiliki tujuh hotel di seluruh Indonesia, dengan total jumlah kamar sebanyak 1.063 kamar. Direktur Utama Red Planet Indonesia (PSKT) Ng Suwito mengatakan saat ini perseroan tengah mengkaji beberapa lokasi di Kelapa Gading, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

“ Jabodetabek lah. Kalau bisa ke Karawang, Cikarang,” sebutnya usai konferensi pers Hospitality Investment Conference Indonesia (HICI) 2016, Kamis (28/4/2016).

Menurut Suwito, tantangan terbesar yang dihadapi yaitu mahalnya harga tanah dan bukan penurunan tingkat okupansi. Langkah menyiasati harga lahan adalah dengan melakukan skema Build, Operate, Transfer (BOT) dengan pemerintah daerah setempat.

Untuk pembangunan satu hotel, biasanya perseroan menganggarkan dana Rp80 miliar-Rp100 miliar. Angka itu sudah termasuk sewa lahan untuk beberapa tahun pertama.

Dia mengklaim tingkat okupansi hotel-hotelnya justru menunjukkan kenaikan di saat hotel-hotel lain mengalami penurunan. “Hotel ekonomi potensinya sangat bagus. Rata-rata okupansi kami sekarang di sekitar 80%,” ungkap Suwito. 

properti.bisnis.com