Harga Rumah Termahal di Batam Capai Rp 3,5 Miliar

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan tanpa alasan jika Ciputra Group mengepakkan sayap bisnisnya di Batam, Kepulauan Riau, melalui CitraLand Megah. 

Dalam pandangan Chief Executive Officer (CEO) Ciputra Group Candra Ciputra setidaknya ada lima alasan yang mendasari perusahaannya atau calon investor wajib melirik kota ini.

“Pertama, lokasi Batam sangat strategis. Dekat dengan Singapura, hanya 40 menit perjalanan,” ujar Candra kepada Kompas.com, dalam sebuah kesempatan. 

Baca: Lima Alasan Investasi Properti di Batam

Alasan kedua, lanjut Candra, kondisi infrastrukturnya sudah sangat memadai. Hal ini memungkinkan Batam dikembangkan sebagai pusat bisnis dan industri sejajar dengan Johor, di Malaysia sebagai pilihan kedua warga Singapura.

Alasan ketiga, harga lahan dan properti masih lebih rendah dibanding di Singapura dan Malaysia. Ada potensi pertumbuhan harga tinggi. Sementara harga lahan dan properti di kedua negara tersebut sudah sangat tinggi.

“Di Batam, harga apartemen sewa masih rerata Rp 22,5 juta per meter persegi per bulan. Sementara di Singapura harga apartemennya miliaran Rupiah,” tambah Candra.

Berikutnya adalah potensi pasar. Di Batam, kata Candra, kelas menengah atas dan high end ceruknya cukup tebal.

Baca: Lonjakan Harga Rumah di Batam Tertinggi Se-Indonesia

Itulah mengapa Ciputra Group berani membangun CitraLand Megah seluas 15 hektar. Proyek ini merupakan kelas premium dengan harga termurah Rp 3 miliar untuk tipe 245/160.

Alasan kelima adalah industrinya terus tumbuh. Menurut Candra, banyak pengusaha dari Singapura dan Malaysia yang membuka pabrik di Batam.

“Karena harga lahan kawasan industri di negaranya sudah sangat mahal. Demikian halnya dengan upah buruh. Local worker Batam jauh lebih kompetitif. Karena itu saya berani katakan Batam is the best area,” cetus Candra.

Namun, tahukah Anda berapa sejatinya harga rumah termahal di serambi barat Indonesia ini? 

Baca: Masa Depan Indonesia Ada di Batam

Menurut riset rumah123.com, harga rumah termahal di Batam saat ini telah menyentuh angka Rp 3,5 miliar. Jauh mengungguli harga rumah termahal di lima kota lainnya yakni Makassar, Manado, Palembang, Pekanbaru, dan Medan.

Harga rumah tertinggi di Makassar mencapai angka Rp 3,3 miliar. Disusul berturut turut oleh Pekanbaru dengan Rp 1,4 miliar, Medan Rp 1,255 miliar, Manado Rp 1,250 miliar, dan Palembang Rp 945 juta.

Sementara harga rumah termurah terdapat di kota Medan dengan Rp 220 juta. Berikutnya Batam, dan Makassar seharga Rp 350 juta.

Sedangkan harga rumah termurah di Pekanbaru mencapai Rp 650 juta, di Manado Rp 780 juta, dan di Palembang Rp 850 juta.

properti.kompas.com