Tol Trans-Jawa, Tumpuan Utama Saat Mudik Lebaran Tiba (II)

Big Banner

SEMARANG, KOMPAS.com – Musim mudik Lebaran 2016 hanya menyisakan waktu sekitar dua bulan. Oleh sebab itu, pemerintah kembali fokus dalam penyelesaian Jaringan Tol Trans-Jawa yang diperkirakan akan menjadi tumpuan pemudik menjelang hari raya Idul Fitri.

Jalan Tol Trans-Jawa terdiri dari tujuh ruas dengan total panjang mencapai 498,23 kilometer. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun ketujuh ruas itu adalah Rp 40,37 triliun.

Biaya pembebasan tanah langsung dibebankan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebesar Rp 8,29 triliun. Sementara itu, untuk biaya konstruksinya, BPJT memperkirakan butuh biaya hingga Rp 22,57 triliun.

Ketujuh ruas tersebut tidak termasuk ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang sudah beroperasi pada 2015 silam dan ruas Tol Kanci-Pejagan yang juga sudah beroperasi pada Januari 2010.

Tulisan ini merupakan lanjutan dari yang pertama. Baca: Tol Trans-Jawa Tumpuan Utama Saat Mudik Lebaran Tiba (I)

Setelah menyusuri Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), dan Tol Kanci-Pejagan, Kompas.com mulai memasuki ruas Tol Pejagan-Pemalang yang juga masuk ke dalam bagian Jaringan Tol Trans-Jawa.

Untuk saat ini, pengerjaan Tol Pejagan-Pemalang adalah Seksi I dan II antara Pejagan dengan Brebes Timur.

Jalan tol ruas Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,50 kilometer dan terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I (Pejagan-Brebes Barat) 14,20 kilometer, Seksi II (Brebes Barat-Brebes Timur)-6 kilometer, Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur)-10,40 kilometer dan seksi IV (Tegal Timur-Tegal Barat)-26,90 kilometer.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di sepanjang ruas Pejagan-Brebes Timur sudah tak ada lagi pengerjaan konstruksi jalan. Pembangunan jalannya sendiri sudah mencapai 100 persen. Kendati begitu, beberapa pengerjaan masih terlihat di Gerbang Tol (GT) Brebes Timur.

Menjelang waktu operasinya yang diperkirakan Mei 2016, sistem pembayaran di Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II akan terintegrasi dengan Tol Kanci-Pejagan.

Namun saat ini sistem pengoperasian Jalan Tol Kanci-Pejagan masih dilakukan dengan sistem terbuka, artinya hanya GT Mertapada yang difungsikan.

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Penampakan kegiatan konstruksi Gerbang Tol Brebes Timur di Ruas Tol Pejagan-Brebes Timur, Senin (25/4/2016)

Ketika nanti Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sudah ditentukan layak beroperasi maka akan digunakan sistem tertutup terpadu untuk Ruas Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang.

“Dengan sistem ambil kartu di GT Mertapada di Kanci-Pejagan dan membayar di exit GT Brebes Timur,” kata Kepala Cabang Integrasi Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang Seksi I & II, Zulmarlian Iskandar, di Brebes, Senin (25/4/2016).

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me