Menghadirkan si Cantik-Harum di Taman Rumah

Big Banner

Mawar adalah bunga yang disebut-sebut sebagai lambang cinta. Warnanya yang cantik, mulai dari merah, putihiing merah muda, hingga biru, membuat mata betah memandangnya.

Kelopaknya yang berlapis-lapis ditambah keharumannya membuat bunga ini pantas hadir di taman rumahmu. Eits, tunggu dulu. Ternyata merawat pohon mawar agar terus berbunga bukanlah hal  mudah. Tambahan pula batang mawar kerap ditumbuhi duri.

Walau sepintas terlihat tumbuhan liar yang tidak butuh perawatan khusus, nyatanya, merawat mawar membutuhkan kiat-kiat. Kalau kamu salah-salah kiat, mawarmu pun tidak akan berbunga.

Untuk mendapatkan tanaman mawar berbunga indah dengan kelopak yang besar dan cantik, sebaiknya lakukanlah pemupukan secara rutin dengan kompos. Kamu juga harus memangkas tangkai mawar secara rutin, terutama tiap kali mawar selesai berbunga.

Baca juga: Efek “Sihir” Bunga Dahlia di Taman

Cara memotongnya, potonglah tangkai mawar sekitar 10-15 cm dari ujung bunga. Pemotongan tangkai ini akan memicu mawar untuk cepat berbunga lagi. Jangan lupa pula untuk menggemburkan tanahnya secara rutin, terutama kalau kamu memanamnya di dalam pot.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat menggunakan arang bekas atau sisa kayu bakar. Sisa kayu atau arang tersebut harus dibakar terlebih dahulu hingga menjadi abu.

Abu tersebut dapat dicampurkan dengan media tanam, lalu taburkan di sekitar akar mawar. Dengan cara ini tanaman mawarmu akan tumbuh lebih subur. Kamu pun jadi bisa menikmati bunganya yang cantik dan wangi. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me