5 Strategi Pembangunan Infrastruktur Papua

Big Banner

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) menerapan lima strategi pembangunan infrastruktur di Papua.

Strategi pertama dengan melakukan peningkatan konektivitas di empat wilayah pertumbuhan strategis (WPS) yang terdiri dari WPS Sorong–Manokwari, WPS Biak–Manokwari–Bintuni, WPS Nabire–Enarotali–Wamena, dan WPS Jayapura–Merauke.
 
Selanjutnya, pengembangan wilayah dengan dibangunnya Jalan Trans Papua yang menghubungkan antar wilayah pertumbuhan strategis. Ketiga, dengan meningkatkan konektivitas terhadap kawasan-kawasan prioritas di luar WPS juga turut dilakukan.
 
Keempat, pemanfaatan sumber daya dengan membangun kawasan pertanian untuk mendukung kedaulatan pangan dan energi yang membutuhkan dukungan infrastruktur sumber daya air.

Terakhir, peningkatan kualitas hidup di pusat-pusat pertumbuhan dan pemukiman yang membutuhkan infrastruktur dasar, baik infrastruktur pemukiman maupun perumahan termasuk mendukung pengembangan pusat permukiman.

BACA JUGA : ECOTECH LOYOLA, KAMPUS RAMAH LINGKUNGAN DI INDONESIA

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Trans Papua dibagi menjadi empat bagian yakni, Jalan Trans Papua ruas Sorong–Manokwari, Jalan Trans Papua ruas Nabire–Wamena, Jalan Trans Papua ruas Jayapura–Merauke, dan Jalan Trans Papua ruas Manokwari–Mameh.

Kementerian PU-Pera pun kini tengah berupaya untuk menata Kawasan Perbatasan demi mendukung pertahanan, keamanan, dan pembangunan wilayah di perbatasan dengan membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang terletak di Skouw.

Terkait dengan strategi peningkatan kualitas hidup, saat ini sudah diprogramkan pembangunan rusunawa untuk pekerja industri di Bintuni, peningkatan kualitas rumah swadaya pasca bencana di Kota Sorong dan Jayapura, peningkatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Jayapura dan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional perkotaan, serta peningkatan kualitas permukiman kumuh di beberapa kawasan.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me