Membersihkan Loteng Rumah

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Loteng adalah tempat kosong antara plafon dan atap, di negara-negara maju seperti Inggris ataupun Amerika loteng banyak sekali difungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang yang tak terpakai atau disulap menjadi sebuah kamar tidur atau ruang santai, namun di Indonesia penggunaan loteng untuk kamar tidur atau tempat bersantai masih jarang sekali di temui.

Namun jika loteng digunakan untuk tempat menyimpan barang-barang yang tak terpakai biasanya akan menjadi sesak dan penuh. Keadaan loteng pun menjadi panas dan tidak nyaman. Oleh karenanya daerah loteng juga luput mendapat perhatian dari masalah kebersihan. Akibat yang ditimbulkan jika loteng dibiarkan begitu saja adalah dapat menjadi sarang laba-laba, bahkan sarang tikus.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam membersihkan loteng rumah Anda :

Bereskan Semua Barang Terlebih Dahulu 

Memanfaatkan loteng sebagai tempat penyimpanan seringkali membuat ruangan loteng berantakan. Untuk membersihkan loteng tersebut, Anda wajib mengeluarkan semua barang yang berada di loteng terlebih dahulu. Pada kesempatan inilah Anda dapat menyortir barang-barang yang masih dapat dipakai dengan yang sudah tidak dapat dipakai lagi. Jangan segan untuk membuang barang-barang yang benar-benar sudah tidak dapat digunakan lagi. Sebaliknya jika barang di loteng masih dalam kondisi baik, Anda dapat memanfaatkannya dengan cara menjualnya jika memang barang tersebut sudah tidak Anda gunakan. Bukankah lebih baik untuk mengubahnya menjadi barang yang bernilai ekonomis untuk Anda?

 

  • Memberi Pencahayaan untuk Loteng
    Pasanglah lampu di area ini agar mempermudah Anda dalam melakukan sejumlah kegiatan. Jika pada saat pembersihan loteng, loteng Anda belum mempunyai lampu, maka Anda dapat menggunakan lilin atau lampu elektrik untuk mempermudah aktivitas pembersihan Anda di sana.
     
  • Bersihkan Loteng dengan Menggunakan Vacum Cleaner
  • vacuum cleaner berfungsi untuk menyedot debu-debu tebal yang sudah menempel di sepanjang lantai loteng Anda. Selain dapat menyedot debu-debu, vacuum cleaner juga dapat menyedot serbuk kayu-kayu yang mungkin sudah mulai keropos.

    Jika Anda menemukan bagian yang keropos pada loteng, segera perbaiki hal tersebut. Jika sudah berlubang di beberapa bagian, segera tambal lubang tersebut untuk menghalau hewan seperti tikus bergerak leluasa di loteng rumah Anda. Jika tingkat kekeroposan semakin parah, ada baiknya Anda mengganti bahan tersebut.

     

  • Atasi Kelembapan Loteng
    Selain loteng akan menjadi kering di musim panas, loteng juga dapat menjadi lembab pada musim penghujan. Kelembaban loteng bisa jadi disebabkan oleh rembesan air hujan.

    Anda dapat mengatasinya dengan memasang kipas angin dan dehumidifier pada loteng Anda untuk membuatnya menyerap kelembaban dan membuat loteng dalam kondisi yang lebih netral.
     

  • Tata Loteng dengan Rapi
    Jika loteng sudah selesai dibersihkan dan bebas dari kelembaban. Maka Anda dapat menata loteng Anda kembali dengan barang-barang yang sebelumnya sudah dikeluarkan.

    Anda dapat memasukkan barang dengan ukuran yang lebih besar dahulu. Sedangkan untuk barang-barang yang lebih kecil, Anda dapat memasukannya ke dalam kardus. Jangan lupa untuk memberikan label untuk mempermudah mencari benda yang dibutuhkan. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me