Membaiknya Ekonomi, Tingkatkan Jumlah Agen Properti Nasional

Big Banner

WE Online, Surabaya – Kepala Pemasaran dan Komunikasi agen properti dalam jaringan (daring) Rumah123.com Raetedy Refanatha menyebutkan membaiknya perekonomian meningkatkan jumlah agen properti nasional.

“Terbukti, hingga April 2016 jumlah agen properti yang terdaftar secara daring mencapai 10.000 agen, dari awalnya hanya 7.000 agen pada 2014,” katanya di Surabaya, Rabu (27/4/2016).

Membaiknya ekonomi nasional secara perlahan membuat agen properti melonjak, dari awal tahun 2014 sekitar 7.000, kini sudah mencapai 10.000 agen.

Ia mengatakan, minat pembelian rumah masyarakat juga mulai meningkat, khususnya untuk tipe menengah dan ke bawah atau harga Rp500 juta ke bawah.

“Harga rumah di bawah Rp500 juta kini yang paling dicari dan laku, dengan persentase mencapai 70-75 persen,” katanya.

Raetedy mengakui, kelas di bawah Rp500 juta tersebut cenderung lebih stabil dibandingkan kelas lainnya, bahkan di saat ekonomi melesu setahun lalu.

“Saya yakin bisnis properti dalam dua tahun ke depan bakal lebih cerah, dan tahun ini adalah point-nya,” ucap dia.

Sementara untuk jenis properti yang paling dicari, 70 persen masih didominasi oleh rumah, sisanya 10-15 persen untuk apartemen dan properti komersil lainnya seperti ruko dan tanah.

Untuk wilayah Surabaya, Raetedy mengatakan kawasan Citraland atau Surabaya Barat yang paling dicari, dengan total mencapai sekitar 32.308 orang, meski harga rata-rata di kawasan tersebut mencapai Rp4,190 miliar.

Berikutnya, properti di kawasan Rungkut yang rata-rata seharga Rp1,919 miliar dengan 18.603 pencarian, berikutnya kawasan Wiyung yang harganya rata-rata Rp2,7 miliar dengan 17.310 pencarian.

Selain itu, dua kawasan Kabupaten Sidoarjo, seperti Sidoarjo kota dan Waru menempati urutan empat dan kelima dalam pencarian daring dengan rata-rata harga jual Rp1,5 miliar dan Rp1,1 miliar.

Oleh karena itu, Raetedy berharap pulihnya perekonomian akan menggairahkan orang untuk melakukan pembelian properti tahun ini secara bertahap. (Ant)

Penulis: ***

Editor: Vicky Fadil

Foto: Sufri Yuliardi

Tag: Properti, rumah.com

wartaekonomi.co.id

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me