Unik, Gedung Terjangkung di Stockholm Berfasad Kayu Motif Angka

Big Banner

STOCKHOLM – Seorang arsitek baru saja meluncurkan sebuah rancangan bangunan pencakar langit yang terbilang unik di Stockholm, Swedia.

Dilansir dari Inhabitat, Jumat (29/4/2016), bangunan jangkung tersebut bernama Trätoppen Tower yang diambil dari sebuah istilah asal negara setempat, yakni treetop.

 

Keunikan dari bangunan itu terletak pada fasad dari gedung yang terbungkus dari kayu dengan membentuk pola angka untuk menandai lantai yang berbeda. Bangunan ini akan menjadi bangunan tertinggi di pusat kota Stockholm.

Gedung pencakar tersebut akan memiliki 40 lantai yang akan dibangun dengan menggunakan kayu yang dilaminasi kayu salib (CLT), dengan 33 lantai yang menjulang di atas tempat parkir mobil.

 

Unit residensial atau perumahan terletak di lantai 32, sedangkan tujuh lantai akan beroperasi mulai dari tempat parkir, pusat perbelanjaan, restoran, dan kafe.

Fasad nantinya akan menampilkan deretan angka yang berbeda di tiap lantai. Panel kayu pada fasad akan menjadi seperti jendela yang mengatur masuknya cahaya matahari.

 

Proyek ini bertujuan untuk mengenalkan unit perumahan yang baru ke pusat kota untuk mengurangi penggunaan mobil.

“Jika kita ingin mengurangi jumlah mobil di pusat kota Stockholm dan pada saat yang sama membuat ruang untuk perumahan lain tanpa bangunan di daerah hijau, kemudian menggantikan tempat parkir dengan perumahan, pertokoan dan restoran,” ucap Arsitek.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me