344.708 Kendaraan Bakal Sesaki Jalan Tol Saat Libur Panjang

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi volume lalu lintas di jalan-jalan tol kelolaannya saat libur panjang 4-9 Mei 2016 sebanyak 344.708 kendaraan atau 29,9 persen lebih tinggi ketimbang kondisi normal.

Menurut Direktur Operasional PT Jasa Marga (Persero) Tbk Christantio Prihambodo, peningkatan signifikan terjadi di beberapa gerbang tol (GT) antara lain GT Cikarang Utama arah Cikampek, GT Ciperna Utama arah Jawa Tengah, GT Cibubur Utama, dan GT Karang Tengah.

“Lonjakan volume lalu lintas tertinggi akan terjadi di GT Ciperna Utama arah Jawa Tengah sebesar 77,46 persen dari lalu lintas normal,” papar Christantio saat jumpa media di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Bila pada hari biasa rata-rata kendaraan yang melintas sekitar 13.186 unit per hari, pada puncak libur panjang awal Mei nanti diperkirakan mencapai 23.400 kendaraan.

Sementara kendaraan yang masuk melalui GT Cibubur Utama di Tol Jagorawi bakal meningkat 43,07 persen menjadi 103.151 unit dibanding hari biasa yang hanya 72.097 kendaraan.

Adapun volume lalu lintas terpadat masih akan terjadi di GT Cikarang Utama di Tol Jakarta-Cikampek ke arah timur dan GT Karang Tengah di Tol Jakarta-Merak ke arah barat.

Masing-masing diprediksi akan dilintasi 106.584 kendaraan dan 111.563 kendaraan atau tumbuh 37,06 persen dan 5,65 persen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Jasa Marga telah menyiapkan berbagai upaya antara lain meningkatkan pelayanan lalu lintas melalui kerjasama dengan kepolisian dan penempatan petugas, melakukan rekayasa lalu lintas, dan pelayanan transaksi dengan optimalisasi gardu tol.

“Selain itu, kami juga melakukan pelayanan konstruksi dan pelayanan informasi selama 24 jam melalui media sosial, sambungan pusat, dan variable message sign,” pungkas Christantio.

 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me