Hmm… Segarnya Rumput Halaman di Musim Kemarau

Big Banner

Bisakah halaman rumah tetap asri dan segar saat musim kemarau? Biasanya tanaman dan rumput jadi kering di musim kemarau.

Nah, butuh perhatian lebih supaya rumput di halaman rumahmu tetap subur. Tentunya setelah ditanam, rumput butuh kamu pupuk secara teratur, lakukan pula penyiangan gulma (rumput liar).

Baca juga: Rumput yang Pas untuk Halaman Rumah

Bila gulma tak kamu siangi, maka bisa saja nantinya area tumbuh rumput malah disesaki oleh gulma. Jangan tunggu hingga gulma banyak, karena semakin banyak akan semakin sulit untuk disiangi.

Untuk pupuk, kamu bisa menggunakan pupuk NPK atau kompos secara rutin. Sebanyak apa takaran pupuk tergantung pada jenis rumputmu. Rumput jepang biasanya membutuhkan pupuk lebih banyak dibanding rumput gajah.

Rumput memang butuh sinar matahari untuk tumbuh bagus. Namun, saat musim kemarau, rumput bisa mati kekeringan karena kekurangan air. Hal ini karena penguapan air saat musim kemarau lebih cepat daripada biasanya.

Baca juga: Rumput Gajah Mini untuk Halaman Minimalis

Selama musim kemarau, ada baiknya kamu menyiram rumput lebih sering. Misalnya, dua kali sehari, pagi dan sore. Hindari pula memangkas rumput terlalu pendek selama musim kemarau.

Sisakan tinggi rumput lima hingga 10 sentimeter. Tujuannya agar tidak terjadi penguapan air berlebih dari dalam tanah.

Nah, kini meskipun saat kemarau, rumputmu tetap tumbuh subur, hijau asri. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me