Tol Bawen-Salatiga Ditargetkan Dapat Dilalui Saat Lebaran

Big Banner

Jalan Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 kilometer ditargetkan dapat dilalui oleh para pemudik di Lebaran tahun ini.

“Untuk jalan tol Semarang-Solo kita sudah beroperasi penuh seksi I dan II, sekarang seksi III kita targetkan 17,5 km dapat beroperasi fungsional, artinya tidak dikenakan tarif dan sifatnya darurat untuk melayani arus mudik dan arus balik lebaran,” terang Koentjahjo Pamboedi, Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU-Pera.

Berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, terdapat jalan tol yang juga dibuka secara fungsional pada saat lebaran yakni jalan tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II, yang melintang dari Pejagan sampai Brebes Timur, namun kondisi masih berdebu dan juga terdapat genangan.

BACA JUGA : MAL MARGO CITY ATAU DEPOK TOWN SQUARE, PILIH MANA?

Saat ini sudah ada 2 jembatan di jalan tol Bawen-Salatiga yakni jembatan Tuntang dan Jembatan Kali Sanjoyo yang pembangunannya sudah mencapai 50-60 persen.

Jembatan Tuntang ditempatkan di Desa Kelik, Kabupaten Semarang, Jawa tengah dengan panjang jembatan mencapai 370 meter dan memiliki 8 pilar dengan pilar tertinggi berukuran 59 meter. Sementara itu jembatan Kali Sanjoyo yang ada di Desa Sukoharjo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, panjangnya 170 meter dan memiliki 4 pilar dengan pilar tertinggi mencapai 34 meter.

Secara keseluruhan konstruksi ruas Bawen-Salatiga sudah 35 persen. Ditargetkan pada musim lebaran sudah bisa dilalui oleh pemudik secara gratis dari satu arah.

Meski begitu, Arie Irianto Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jawa Tengah mengatakan, saat ini masalah pembebasan lahan belum tuntas seluruhnya. Sejak 31 Desember hingga saat ini, masih sekitar 92,7 persen lahan yang sudah bersih.

“Masih tersisa beberapa lahan milik desa (Tanah Kas Desa) dan lahan milik Warga Terkena ‎Proyek (WTP) sempat terhenti akibat adanya peralihan peraturan sejak 1 Januari 2016 yang menggunakan UU tentang Pengadaan Tanah yang baru, yakni UU Nomor 2 Tahun 2012 agar ruas Bawen-Salatiga dapat difungsikan sementara melayani arus mudik dan balik Lebaran,” pungkas Arie.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me