Jika Cat Dinding Hunian Anda Berubah Warna

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Sebagian dari kita pasti pernah melihat cat dinding yang berubah warna. Perubahannya adalah warnanya terlihat memudar di beberapa bagian sehingga terlihat seperti panu pada dinding. Tampilan ini tentu tidak Anda inginkan karena dinding akan berkesan kotor.

Jika Anda pernah mencoba memperbaikinya namun tidak berhasil, kami menyajikan informasi yang dapat membantu Anda.

Penyebab Cat Berubah Warna

Salah satu faktor yang paling memengaruhi adalah kerusakan resin atau binder yang berfungsi merekatkan komponen-komponen pada cat. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh garam-garam alkali atau bahan kimia lainnya yang berasal dari dinding maupun udara.

Penyebab lainnya adalah rusaknya pigmen pada cat. Kerusakan tersebut bisa terjadi akibat sengatan sinar matahari atau kelembapan dinding. Kedua hal tersebut mengakibatkan keluarnya garam-garam alkali pada tembok.

Pencegahan Cat Berubah Warna

Jika hal ini terjadi, tidak dapat dipungkiri bahwa kadar garam di tembok Anda tinggi. Oleh karena itu, gunakanlah cat dasar yang tahan terhadap kondisi alkali yang tinggi. Selain itu, pilih juga jenis cat dan warna yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Perbaikan Cat Berubah Warna

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengerok semua lapisan sampai ke permukaan substrat atau tembok. Setelah itu, aplikasikan cat dasar yang tahan terhadap alkali. Kemudian aplikasikan cat finish yang berkualitas sesuai dengan penempatannya, interior dan eksterior. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me