Belajar Vertikultur dan Konsultasi Desain di Stan 5DArsitekturUI

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pameran properti HousingEstate Expo yang digelar di atrium plaza FX Sudirman, Jakarta sejak 26 April 2016 hingga 1 Mei 2016 mendatang, kali ini menghadirkan satu stan istimewa  dari Ikatan Alumni (ILUNI)  Arsitektur Universitas Indonesia  (UI) melalui salah satu programnya Lima Dekade Arsitektur Universitas Indonesia (5D ArsitekturUI). Program yang diselenggarakan dalam rangka perayaan  50 tahun berdirinya program studi Arsitektur  di Universitas Indonesia ini terdiri dari sejumlah kegiatan yaitu,  Community Engagement (ComEng), Talkshow & Seminar, Book Launching, serta Exhibition & Fair yang telah dimulai sejak Mei 2015 lalu. “Kami ingin memperkenalkan dunia Arsitektur lebih luas melalui berbagai  kegiatan yang juga menjadi sumbangsih alumni  UI pada masyarakat,” ujar Sigit Kusumawijaya, Arsitek dan Urban Designer dari UI yang menjadi Ketua Pelaksana 5D ArsUI.

Booth 5DArsitekturUI

Booth 5DArsitekturUI

Dalam pameran ini, 5D ArsitekturUI akan menggelar workshop  vertikultur bersama komunitas Tandur pada hari Jumat, 29 April 2016 mulai pukul 17.00 di stan 5D ArsUI. Workshop ini merupakan kelanjutan dari kegiatan edukasi ComEng yang telah dilaksanakan di lingkungan padat penduduk di Johar Baru, Jakarta Pusat  untuk mengajak masyarakat menghijaukan lingkungan rumahnya dengan tanaman yang bisa dikonsumsi melalui metode vertikultur.  Vertikal Agrikultur (Vertikultur) digagas untuk memanfaatkan lahan-lahan sempit di lingkungan perkotaan  khususnya bidang vertikal seperti pagar dan dinding  rumah atau area balkon di apartemen. Tanaman yang disarankan yang ditanam mudah untuk dikonsumsi berupa sayuran dan buah seperti, sawi, bayam, kangkung, tomat, dll. “Kita ingin mendorong orang dan terutama mengajak anak-anak gemar makan sayur yang berkualitas dan bebas bahan kimia dengan menanam sendiri dirumahnya,” kata Ova Chandra Dewi, pendiri komunitas penggiat vertikultur Tandur yang juga arsitek lulusan Universitas Indonesia (2003).

Selain itu, layanan konsultasi desain juga akan diberikan secara gratis oleh para arsitek muda dari UI pada hari Sabtu, 30 April 2016 mulai pukul 12.00 di arena stan 5D Arsitektur UI. Pengunjung bisa berkonsultasi langsung dengan pakarnya mengenai desain hunian mencakup arsitektur dan interiornya agar nyaman secara fungsi dan estetika. “Rumah adalah bangunan hunian yang mengidentifikasikan penghuninya. Tidak terkecuali orang yang membeli rumah developer juga  tetap bisa membuatnya sesuai kebutuhan,” ujar Farrizky Putra, pemilik Studio Moreids, arsitek jebolan Universitas Indonesia (2005) yang akan menjadi salah satu konsultan di stan 5D ArsitekturUI.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me