Moratorium Reklamasi Hanya 6 Bulan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Penundaan reklamasi Teluk Jakarta diperkirakan tidak berlangsung lama. Setelah payung hukumnya selesai semua da tidak terjadi tumpang tindih proyek tersebut akan dilanjutkan. Moratorium reklamasi dihentikan menyusul ditangkapnya M Sanusi, Ketua Komisi D DPRD DKI, karena menerima suap pembahasan Raperda Reklamasi dari Dirut Agung Podomoro Land Ariesman Wijaya. Penangkapan itu kemudian membuka tumpang tindihnya  regulasi reklamasi dan soal amdal reklamasi yang bermasalah.

Reklamasi Teluk Jakarta

Reklamasi Teluk Jakarta

“Saya perkirakan penundaan ini tidak lebih dari enam bulan, sekarang kita lagi menyamakan dan mencocokkan persepsi. Presiden juga ingin ini diberesin total, nanti akan dikeluarkan peraturan presiden (Perpres) terbaru yang akan menyesuasikan dengan aturan terbaru,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai rapat terbatas dengan Presiden dan sejumlah menteri terkait proyek reklamasi di Istana Presiden, pekan ini.

Nantinya aturan baru akan  lebih detil mengatur keseluruhan proyek termasuk proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang juga dikenal dengan proyek tanggul raksasa. Perpres baru akan mengintegrasikan Perpres No. 54 Tahun 2008 tentang penataan kawasan Jabodetabek, Puncak, Cianjur (Jabodetabekpunjur) dan Perpres No. 122 Tahun 2012 tentang reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Payung hukum yang akan dikeluarkan nantinya terdiri dari rekomendasi beberapa instansi. Misalnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang akan memeriksa ulang reklamasi yang sudah berjalan dan terkait analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Apabila amdalnya masih kurang maka harus diperbaiki, kalau tidak akan ada sanksi pidana.

“Prinsipnya tidak ada pembatalan proyek reklamasi, moratorium ini akan kita selesaikan. Investor harus tetap dihargai karena dia sudah keluar uang banyak, tapi kita yang buat aturannya, jadi  kita tidak bisa diatur  oleh investor,” ujar Ahok.

housing-estate.com