Rumah Kurang dari Rp 500 Juta Banyak Peminatnya

Big Banner

TEMPO.CO, Surabaya – Head of Marketing Communication portal properti Rumah123.com Raetedy Refanatha mengatakan minat masyarakat yang membeli rumah tipe menengah dan ke bawah sangat besar. “Harga rumah dengan harga di bawah Rp 500 juta yang paling laku, sekitar 70-75 persen,” kata Raetedy kepada Tempo, Selasa, 26 April 2016.

Raetedy berujar, kelas rumah dengan harga kurang dari Rp 500 juta cenderung lebih stabil dibanding kelas lainnya. Bahkan di saat ekonomi melesu setahun lalu. Meski ia yakin bisnis properti dalam dua tahun ke depan bakal lebih cerah.

Menurut dia, tren pembelian rumah melalui portal online juga meningkat. Dia menyebut melonjaknya jumlah agen properti Rumah123.com yang berdiri pada 2014. “Awal berdiri jumlah agen properti sekitar 7.000. Kini sudah punya 10.000,” tutur dia.

Ditilik dari jenis properti yang dicari, sebanyak 70 persen didominasi oleh rumah (landed house). Sisanya, 10-15 persen untuk apartemen dan properti komersil lainnya seperti ruko dan tanah.

(Baca juga: Mandiri Targetkan Penyaluran KPR di Jawa Timur Naik 7 Persen)

Adapun rumah di atas harga Rp 1 miliar yang masih diminati calon pembeli properti terletak di Surabaya dan sekitarnya. Berdasarkan data terbaru Rumah123.com, properti di kawasan Citraland, Surabaya bagian Barat dicari 32.308 orang. Padahal, harga rata-rata di kawasan tersebut mencapai Rp 4,190 miliar.

Menyusul properti di kawasan Rungkut yang rata-rata seharga Rp 1,919 miliar dengan 18.603 pencarian, kawasan Wiyung seharga rata-rata Rp 2,7 miliar dengan 17.310 pencarian. Dua kawasan di kabupaten Sidoarjo, Sidoarjo kota dan Waru berada di urutan keempat dan kelima pencarian dengan rata-rata harga jual Rp 1,5 miliar dan Rp 1,1 miliar.

Raetedy berharap, pulihnya perekonomian akan menggairahkan orang untuk melakukan pembelian properti tahun ini. “Para pengembang juga tidak menahan dan sudah mulai menjual lagi,” tuturnya.

ARTIKA RACHMI FARMITA

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me