Tahun Ini Pemerintah Akan Bangun 700.000 Unit Rumah MBR

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Pemerintah tahun ini menargetkan akan membangun 700.000 unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jumlah ini meningkat 14% dibandingkan realisasi pembangunan rumah bagi MBR tahun lalu yang mencapai 603.000 unit rumah.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan pihaknya akan menargetkan 700.000 rumah atau meningkat dari tahun sebelumnya, 603.000 rumah. “Kalau untuk masyarakat non-MBR kadang membeli rumah untuk investasi bukan untuk dihuni, maka yang lebih prioritas adalah mendorong pengembang untuk membangun rumah untuk MBR,” ujarnya.

Syarif mengatakan pengembang saat ini enggan membangun rumah murah karena proses perizinan yang lama. Oleh karena itu, Syarif menuturkan, pihaknya berupaya untuk melakukan penyederhanaan perizinan pembangunan perumahan. “Membangun rumah murah atau mahal itu sama prosesnya. Sehingga, karena sama-sama susah, pengembang lebih memilih rumah komersil,” kata Syarif.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membentuk Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Bidang Perumahan di seluruh Provinsi di Indonesia. Adanya SNVT Bidang Perumahan diharapkan akan mempercepat program serta pengawasan pembangunan rumah untuk masyarakat dan meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. (EKA)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me