Pasar Apartemen Seken Lemot Abis

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kondisi pasar properti yang sedang melempem tidak hanya terjadi pada properti baru yang dipasarkan developer. Di pasar seken situasinya tidak lebih baik, bahkan cenderung lebih parah. Ini terjadi pada rumah biasa (landed house) dan apartemen. Apartemen di lokasi premium sekalipun dan di kawasan bisnis sekarang tidak jaminan mudah dijual.

Apartemen Thamrin City

Apartemen Thamrin City

“Dalam enam bulan ini calon konsumen yang serius mau membeli hanya dua orang. Padahal tiga tahun lalu banyak yang menanyakan mau dijual atau tidak,” ujar Stela Vanie, pemilik apartemen Thamrin City, kepada housing-estate.com di Jakarta, awal pekan ini.

Unit hunian milik Stela berada di lantai 30 di apartemen yang berlokasi di Jl Kebon Kacang, Jakarta Pusat, itu. Tipenya 1 kamar (42 m2/semigross) yang dibeli tahun 2007 dengan cicilan bertahap selama tiga tahun. Menurut Stela, apartemen dibeli bukan untuk investasi melainkan disiapkan untuk anaknya yang sekolah di Menteng. Ia sendiri tinggal di Cilandak, Jakarta Selatan. Karena anaknya tidak mau menempati apartemen tersebut akan dijual untuk dibelikan rumah atau tanah.

Ia heran mengapa apartemennya sulit dijual padahal penjualannya sudah dibantu broker. Lokasinya juga strategis di belakang Grand Indonesia, beberapa ratus meter dari Bundaran HI. Di pasaran harga tipe 1 kamar sekitar Rp1,4 miliar. Tapi penawaran dari dua calon pembeli hanya Rp1,2 miliar. “Kalau penawarannya Rp1,3 miliar saya lepas, soalnya sudah fully furnished,” katanya.

Apartemen di kawasan CBD  sebetulnya menyimpan prospek menjanjikan. Pasar sewanya hidup dan harganya bagus. Di Thamrin City tipe 1 kamar tarifnya sewanya Rp8 juta per bulan atau Rp96 juta per tahun. Bila harganya Rp1,3 miliar berarti imbal hasilnya (yield) atau return on investment (ROI)-nya sebesar 7,3 persen. Biaya service charge sebesar Rp500 ribu per bulan ditanggung penyewa, demikian juga dengan biaya parkir Rp200 ribu per bulan.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me