Diperhatikan Hal-Hal Ini Agar Perawatan Rumah Lebih Maksimal

Big Banner

Jakarta,SolusiProperti.com-Perawatan rumah merupakan kunci utama untuk menciptakan suasana rumah yang sehat dan nyaman. Ketika sebuah rumah tetap terjaga kebersihan dan perawatannya, tentu saja tidak akan ditemui masalah yang signifikan  seperti pada masalah lingkungan yang kurang sehat. Masalah kesehatan lingkungan biasanya terkait dengan kualitas udara yang kurang baik karena terlalu lembab dan banyak ditumbuhi jamur yang juga akan menyebabkan penyakit yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan ketika ingin menjaga keindahan tampilan rumah.

  1. Lakukanlah pengamatan secara menyeluruh pada semua elemen rumah

Mengamati tidak sama dengan hanya membayangkan saja. Melakukan pengamatan harus dengan tindakan nyata sehingga Anda perlu melihat seluruh ruangan dan isi rumah untuk menemukan hal-hal apa saja yang sudah tidak layak sehingga dibutuhkan perawatan ekstra.  Area yang perlu di amati diantaranya adalah:

  1. Jendela dan pintu apakah masih berfungsi secara optimal?
  2. Aliran pipa air, apakah terdapat kebocoran?
  3. Area lantai, apakah warnanya memudar, keramiknya pecah atau kasar?
  4. Area dinding, apakah warnanya pudar dan terdapat keretakan?

Ke empat area tersebut merupakan area dasar yang harus Anda amati secara langsung karena area tersebut berkaitan secara erat dengan tampilan rumah Anda. Masih banyak area rumah Anda yang harus diamati secara langsung untuk mengetahui masalah yang harus segera diselesaikan.

Gunakanlah segala kemampuan Anda untuk mengamati seluruh area ruangan dengan melihat tekstur, warna yang berubah, atau aroma ruangan yang tidak sedap yang tentunya akan menyebabkan polusi udara di sekitar lingkungan rumah.

  1. Mengontrol debu

Debu merupakan masalah yang akan menyebabkan gangguan kesehatan secara serius karena pada debu terdapat kerangka dan kotoran tungau yang dapat menyebabkan alergi dan menyebabkan penyakit asma. Untuk membersihkan partikel debu, gunakan kain lembut yang dibasahi dan usap permukaan berdebu agar semua kotoran menempel pada kain yang basah tadi. Karpet yang terdapat disetiap ruangan juga harus dibersihkan secara rutin agar debu tidak menempel selamanya.

  1. Bersihkan area lantai dengan penyedot debu

Karpet di lantai harus di bersihkan dengan penyedot debu kurang lebih dua kali dalam seminggu. Pilihlah penyedot debu  yang memiliki filter debu yang baik agar semua kotoran kecil dapat di serap dalam vacuum cleaner. Melakukan pembersihan debu secara rutin juga akan membersihkan kotoran lain seperti bulu binatang. Untuk mencegah debu berbahaya menempel pada setiap ruangan rumah, pastika bahwa anggota keluarga melepas sepatu sebelum memasuki rumah agar tidak ada partikel berbahaya yang masuk kedalam ruangan.

  1. Periksa eksterior rumah

Memeriksa exterior rumah merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika Anda berencana untuk melakukan perawatan dan perbaikan rumah. Periksalah apakah terdapat kerusakan dan perubahan warna pada dinding luar rumah Anda. Jika iya, Anda harus mengecat ulang seluruh dinding luar agar warnanya lebih terlihat terang.

Tidak hanya eksterior rumah, jika Anda memiliki kebun kecil di depan rumah, pastikan rumput-rumput dan tanaman terlihat bersih karena bisa saja hewan berbahaya bersarang ditaman Anda jika Anda tidak membersihkan dan merawatnya secara rutin.

  1. Periksa dinding dan jendela rumah

Dinding dan jendela rumah bisa menjadi sumber masalah kesehatan jika tidak dirawat dengan baik. Perawatan pada dinding dan jendela rumah bertujuan untuk menghindari kelembaban secara berlebihan. Untuk mencegah kelembaban berlebih, usaplah jendela dengan kapur khusus agar tidak ada jamur yang tumbuh pada area jendela.

  1. Tetaplah jaga kelembaban ruangan di rumah Anda

Kelembaban yang terlalu berlebihan akan menumbuhkan jamur dan hal ini tentunya akan menjadi penyebab berbagai penyakit. Selain itu, kelembaban yang berlebih akan mengundang serangga kecil masuk kedalam ruangan rumah. Untuk mengurangi resiko-resiko tersebut, periksalah pipa rumah, hidupkan kipas angin pada saat Anda memasang untuk mengurangi kelembaban dan bukalah jendela agar udara segar masuk ke seluruh ruangan. Periksa juga atap rumah yang mungkin saja bocor ketika hujan.

  1. Periksa sistem pendingan ruangan apakah masih berfungsi dengan baik.

Sistem pendingin ruangan harus berfungsi dengan baik karena pendingin ruangan biasanya mengontrol sirkulasi udara panas dan dingin keseluruh ruangan yang ada di rumah. Untuk mencegah penyebaran penyakit melalui udara,  Anda harus membersihkan pendingin ruangan secara rutin. Bukalah filter pendingin ruangan dan bersihkan dengan lap untuk membersihkan seluruh kotoran yang menempel pada filter udara.

Demikianlah hal-hal penting yang harus anda ketahui agar perawatan rumah semakin mudah. Dengan membuat check list area mana saja yang membutuhkan perawatan secara khusus, maka rumah Anda akan menjadi lebih tertata dan tentunya akan tetap terjaga lingkungannya. (YN)

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me