Laba Ciputra Turun Signifikan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Ciputra Development (Ciputra Group) berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp1,3 triliun selama tiga bulan pertama tahun 2016. Pencapaian ini turun sebesar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebesar Rp1,4 triliun. Hal ini dikarenakan penurunan pendapatan dari segmen residensial sebesar Rp176 miliar (15 persen) sementara pendapatan komersial mencatatkan kenaikan sebesar Rp58 miliar (naik 19 persen).

Ilustrasi

Ilustrasi

“Laba bersih perusahaan juga turun dibandingkan periode tahun lalu menjadi Rp144 miliar dari Rp228 miliar atau turun 37 persen seiring penurunan pendapatan ini. 3 bulan pertama ini kontribusinya dari Ciputra Surya sebesar Rp436 miliar (33 persen), Ciputra Property Rp405 miliar (31 persen), Ciputra Residence Rp315 miliar (24 persen), dan pendapatan lainnya sebesar Rp149 miliar (11 persen),” ujar Candra Ciputra, CEO Ciputra Development, dalam siaran pers yang diterima housing-estate.com, Sabtu (30/4).

Total marketing sales untuk Ciputra Surya sebesar Rp432 miliar (naik 25 persen), Ciputra Property Rp615 miliar (turun 35 persen), dan Ciputra Residence Rp408 miliar (turun 53 persen). Walaupun menurun, secara nilai transaksi penjualan telah mengalami peningkatan dari dua bulan pertama tahun 2016 yang artinya ada indikasi sektor properti akan membaik.

Candra menyebut cukup banyak indikator yang akan membuat industri properti semakin membaik di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Diantaranya antara lain, penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia, penyempurnaan berbagai kebijakan yang mendukung properti, kepemilikan properti untuk orang asing, penerbitan dana investasii kolektif untuk real estat, wacana tax amnesty, dan sebagainya.

“Karena itu kami optimistis dapat mencapai target tahunan perusahaan sebesar Rp9,3 triliun sepanjang tahun 2016 ini. Bersamaan dengan iklim properti yang semakin kondusif, kami akan meluncurkan 8 proyek residensial baru selama tahun ini yang terdiri dari 6 proyek landed house dan 2 highrise di Jakarta, Yogyakarta, Batam, Lampung, dan Samarinda,” pungkasnya.

housing-estate.com