Pemerintah Bangun 4 Rusunawa di Jakarta, Ini Dia Lokasinya

Big Banner

Jakarta -Pemerintah akan membangun rusunawa atau rumah susun sewa di Jakarta. Setidaknya, akan berdiri rusunawa di 4 lokasi di Jakarta yaitu Pasar Kemayoran, Pasar Rumput, Pasar Minggu, dan Pondok Kelapa.

“Jadi kita dari awal sudah berkoordinasi dengan DKI baik itu di Pasar Rumput, Pasar Minggu, karena ini untuk menyelesaikan yang di Ciliwung. Ada beberapa proyek strategis, yaitu Pasar Kemayoran, Pasar Rumput, Pasar Minggu, dan Pondok Kelapa,” ujar Direktur Rumah Susun, Chris Robert Panusunan Marbun di Media Center, Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Christ menyebutkan, untuk rusunawa Pasar Kemayoran, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 3,5 triliun, Pasar Rumput sekitar Rp 1,1 triliun, Pasar Minggu sekitar Rp 800 miliar, dan Pondok Kelapa sekitar Rp 200 miliar.

“Di samping itu kita ada program juga yang untuk 11.000 unit. Nah 11.000 itu kira-kira dananya hampir Rp 2,3 triliun. Karena di pusat itu ada Rp 1,9 triliun,” jelas dia.

Lebih jauh Chris mengatakan, pembangunan rusunawa ini selain untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), juga diperuntukkan untuk menyambut Asian Games, khusus untuk rusunawa Pasar kemayoran.

“Kemayoran kita sebutkan untuk Asian Games. Untuk 2018 kita manfaatkan untuk Asian Games, tapi selanjutnya untuk MBR. Nanti akan dikelola oleh pusat pengelola kawasan Kemayoran. Tapi peruntukannya untuk MBR dan PNS. Setelah Asian Games. Yang Pasar Rumput dan Pasar Minggu untuk MBR,” terang dia.

Apa saja fasilitasnya?

“Kami informasikan standarnya untuk Kemayoran itu bintang 3. Pasar Rumput dan Pasar Minggu juga nanti prinsipnya spec-nya sama dengan di Kemayoran. Hanya detail spec-nya berbeda sedikit dengan yang di Kemayoran,” jelas Chris.

Penentuan yang berhak menghuni bagaimana pemilihannya? Sewanya berapa?

“Kita sudah lakukan kerja sama dengan Pemprov DKI. Tentu yang akan melakukan sosialisasi nanti adalah Pemprov DKI. Dan Penyaringan penghunian, sewanya berapa yang atur akan Pemprov DKI. Kita punya satuan-satuan kerja yang di provinsi. Kita satkernya adalah penyedia air perumahan. Yang satker kita adalah yang melakukan pembangunan di pusat,” pungkasnya.

(drk/feb)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me