Pemerintah Salurkan Sarana Air Bersih ke Berbagai Pulau Terpencil

Big Banner

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya turut berpartisipasi dalam Ekspedisi Bhakti Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tahun 2016. Pada ekspedisi tersebut, Ditjen Cipta Karya Kementerian PU-Pera menyalurkan sarana air bersih kepada masyarakat yang ada di pulau-pulau terpencil, seperti hidran, pipa air, dan lain-lain.

Tujuan dari ekspedisi ini yaitu menyalurkan bantuan pada masyarakat di pulau-pulau terpencil. Ditjen Cipta Karya menerjukan satu tim yang terdiri dari empat orang yang bertugas untuk memastikan bantuan diterima langsung oleh masyarakat.

Bantuan yang diberikan antara lain hidran umum kapasitas 2.000 liter, Pondasi HU kapasitas 2.000 liter,  jerigen air kapasitas 20 liter, Pipa PVC 25 milimeter, Pipa PVC 40 milimeter, Pipa PVC 63 milimeter. Kemudian Pipa PVC 75 milimeter, Pipa PVC 100 milimeter, Knee PVC 25 milimeter, Knee PVC 40 milimeter, Knee PVC 63 milimeter, Pipa HDPE 25 milimeter, dan Tee Coupling HDPE 25×25 milimeter.

BACA JUGA : JUMLAH RUMAH TAK LAYAK HUNI DI INDONESIA 2,51 JUTA UNIT

Ekspedisi ini akan menyambangi empat pulau yakni Bima, Wetar (Maluku Barat Daya), Saumlaki (Maluku Tenggara Barat), dan Kaimana (Papua Barat). Diperkirakan ekspedisi akan berakhir pada 29 Mei 2016 setelah menempuh 29 hari pelayaran.

“Secara keseluruhan kegiatan ini merupakan perwujudan negara yang hadir ke tengah-tengah masyarakat yang selama ini berada di daerah tertinggal, terluar, dan terpencil,” terang Satya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Selain kegiatan Bhakti PMK 2016, ekspedisi ini juga akan mengikutkan ekspedisi NKRI yang melibatkan sebanyak 2.000 personil yang terdiri dari berbagai pihak seperti TNI, pegawai negeri, mahasiswa dan organisasi masyarakat. Tujuan dari ekspedisi NKRI ialah untuk meneliti, mengeksplorasi dan memberikan bantuan ke daerah-daerah yang dikunjungi. 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me