PT Mega Development Berencana Bangun Kawasan Megablock di Sentul

Big Banner

(Berita Daerah – Jawa) PT Mega Developments Tbk melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Lotte Mart Indonesia untuk membangun sebuah kawasan megablock terbesar di kawasan Sentul, Bogor dengan nama Vivo Sentul.

Direktur Unit Bisnis Megapolitan Developments, Totonafo Lase mengatakan jika penandatanganan ini telah sejalan dengan rencana perusahaan untuk membangun kawasan megablock yang di dalamnya terdapat sebuah shopping center area komersil dan hunian yang terintegrasi. Pada tahap awal akan dibangun Galleria Vivo Sentul dan penandatanganan ini memastikan kehadiran Lottemart di Galleria Vivo Sentul.

Diperkirakan total nilai investasi untuk proyek tahap pertama ini mencapai Rp300 miliar dengan dana pembiayaan yang berasal dari kas internal perusahaan sebesar 55 persen dan sisanya sebesar 45 persen berasal dari pinjaman bank yang saat ini masih dalam proses.

Pembangunan Galleria Vivo Sentul ini akan dibangun di atas kawasan seluas 56 ribu meter persegi dan sebesar 18 ribu meter perseginya akan dibangun Galleria Vivo Hotel, sementara sisanya akan dibangun pusat perbelanjaan dan hunian terintegrasi. PT Lotte Mart Indonesia sendiri akan menjadi anchor tenant (penyewa ruangan bisnsi terbesar) di dalam Mall tersebut. Luas ruangan yang akan disewa oleh Lotte Mart di mall tersebut mencapai 6.000 meter persegi.

Trade mall tersebut akan memiliki 736 kios dengan kisaran harga jual mencapai RP190 juta hingga Rp500 juta. Luas area yang disiapkan sebesar 18 ribu meter persegi yang akan digunakan untuk kios yang dijual sebesar 2.500 meter persegi, sedangkan untuk kios yang disewakan sebesar 3.300 meter persegi.

Trade Mall Galleria Vivo Sentul akan menyediakan lantai-lantai untuk memasarkan produk berupa gadget, fasion, elektronik dan lain sebagainya. Pembangunannya sendiri akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2015 dan diharapkan dapat selesai dibangun pada kuartal pertama tahun 2017 mendatang.

Pemilihan Sentul sebagai lokasi pendirian Trade mall ini di dasari dari daerah Sentul yang semakin berkembang menjadi salah satu lokasi hunian masyarakat modern. Pembangunan terus dilakukan di Sentul untuk semakin memantapkan Sentul menjadi kota tujuan hunian bagi masyarakat dengan berbagai fasilitas pendukungnya.

Di Sentul sendiri banyak dikembangkan tujuan pariwisata bagi masyarakat, sehingga pendirian Trade mall ini melengkapi Sentul sebagai tujuan berpariwisata. Diperkirakan pada tahun-tahun mendatang Sentul akan menjadi sebuah kawasan hunian sekaligus kawasan bisnis seiring dengan gancarnya pembangunan yang dilakukan. Kondisi tersebut tentunya akan memunculkan peluang berinvestasi utamanya pada sektor properi untuk mengembangkan perumahan maupun pembangunan gedung perkantoran.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

beritadaerah.co.id