TERPOPULER: ‘Tangga’ yang Menentang Gravitasi di Hutan Belgia

Big Banner

TIELT-WINGE – Dalam hutan Kabouterbos, Belgia, ada sebuah bangunan baru nan spektakuler telah berhasil mencuri perhatian banyak pihak. Menara observasi unik ini bernama Vlooyberg Tower. Strukturnya eye-catching lantaran memiliki struktur kantilever tidak biasa, yakni menentang gravitasi.

Dilansir dari laman inhabitat, Minggu (8/5/2016), menara ini dirancang oleh perusahaan teknik bernama Close to Bone. Menara prefabrikasi mirip tangga ini secara hati-hati dirancang guna mampu berpenampilan menentang gravitasi, serta dibalut baja agar bangunan ini berumur panjang.

[Baca juga: Dirancang 50 Tahun, India Miliki Taman Patung dari Barang Bekas]

Menara ini terletak di kotamadya Flemish Brabant dari Tielt-Winge. Vlooyberg Tower dibangun untuk menggantikan dan memperingati tangga menara bersejarah Tielt, sebuah kayu setinggi empat meter yang sebelumnya berdiri di lahan itu dan dirusak oleh pelaku pembakaran. Menara ini telah lama dianggap sebagai titik kebanggaan bagi daerah setempat, setelah pemerintah kota memutuskan untuk mengganti menara hilang dengan monumen fungsional.

Vlooyberg Tower setinggi 11,28 meter ini berlapiskan baja dan dibangun di atas substruktur galvanis. Perancang menjelaskan, proses desain menara sebagai “perang melawan beratnya sendiri” yang harus cermat perhitungannya guna memastikan tangga seberatnya tidak kurang dari 13 ton itu, tidak akan jeblok.

[Baca juga: Sao Paulo Akan Punya Menara ‘Hijau’ Berbentuk Waffle]

Bahan-bahan prefabrikasi digunakan dalam membangun Vlooyber Tower, kemudian dirakit di tempat hanya dalam dalam kurun waktu setengah hari. “Sebagai landmark dengan nilai ikonik yang kuat, Vlooyberg Tower secara harfiah dan kiasan meningkatkan profil dari daerah yang indah di sekitar Tielt-Winge,” tulis perusahaan.

 

“Pribumi dari Tielt, kesempatan orang yang lewat dan penggemar arsitektur modern semua sangat menikmati monumen menarik ini,” sambungnya.

(dhe)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me