Menengok Masjid Cheng Ho di Batam

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Banyak tempat menarik dan bernilai pendidikan dan sejarah di berbagai tempat di Indonesia. Kita bisa menikmati keindahan bangunan, arsitektur, hingga sejarah yang sangat bernilai dari keberadaan sebuah bangunan. Salah satunya adalah Masjid Laksamana Cheng Ho di kawasan Golden City, Bengkong Laut, Batam, Kepulauan Riau.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho

Masjid ini merupakan jejak ekspansi panglima asal negeri Cina yang berkunjung tidak kurang ke 9 titik diberbagai tempat di Indonesia. Laksamana muslim ini tercatat pernah singgah di Aceh, Palembang, Jakarta, Surabaya, Semarang, hingga Bali dan lainnya dalam periode waktu tahun 1416. Kedatangan Laksamana Cheng Ho juga selalu disambut dengan baik oleh raja-raja di nusantara.

Adapun Masjid Laksamana Cheng Ho di Batam ini dibangun di atas lahan seluas 6.400 m2 dengan bangunan 20×20 m yang dapat menampung 180 jamaah. Keseluruhan fasad hingga interior masjid menggunakan warna merah dan kuning sebagai simbol warna khas negeri Cina. Masjid ini banyak dikunjungi wisatawan khususnya dari Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan negara lainnya terlebih pada setiap akhir pekan.

Masjid Cheng Ho Bata mini juga mirip dengan Masjid Cheng Ho di Surabaya hanya saja yang di Bata mini ukurannya lebih kecil. Interiornya juga banyak didominasi dengan ornamen khas dari Tiongkok. Ada juga relief berbentuk naga berwarna emas.

Masjid Cheng Ho di Kota Batam ini salah satunya adalah untuk mengenang sejarah perjalanan seorang laksamana Tiongkok beserta 2.700 orang anak buahnya yang berlayar menuju Indonesia. Masjid ini sendiri dibangun dan dibiayai oleh seorang pengusaha di Batam dan diresmikan penggunaannya sejak Februari 2015 lalu.

housing-estate.com