Bangun Lima Rusun Sewa di Jakarta, Pemerintah Siapkan Rp 5,7 Triliun

Big Banner

Jakarta -Lima rumah susun (Rusun) sewa akan dibangun Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sejumlah lokasi di Jakarta dalam 3 tahun ke depan. Untuk memuluskan rencana tersebut, Kementerian PUPR bakal menggelontorkan anggaran Rp 5,78 triliun.

“Anggaran lewat Direktorat Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, dialokasikan anggaran sebesar Rp 5,786 Triliun untuk membangun lima rumah susun (Rusun) strategis dalam kontrak tahun jamak selama tiga tahun mulai dari 2016 hingga 2018,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Syarif Burhanuddin kepada detikFinance, Jumat (13/5/2016).

Dana tersebut bakal digunakan untuk membiayai kegiatan konstruksi 17 tower rumah susun sewa yang tersebar di 5 lokasi.

Rusun yang akan dibangun tersebut akan memiliki ketinggian bervariasi mulai dari 12 lantai hingga 32 lantai.

“Total tower yang akan dibangun sebanyak 17 tower dengan ketinggian mulai dari 12 hingga 32 lantai. Jumlah total unit dari lima Rusun tersebut sekitar 11.196 unit,” sambung dia.

Ia merinci, akan ada 2 tower yang dibangun di Rusun Pasar Rumput di Jalan Sultan Agung, Pasar Rumput, Manggarai Jakarta Selatan. Ada pula Rusun Pasar Minggu di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang akan terdiri dari 3 tower.

Lokasi lainnya adalah Rusun Pondok Kelapa di Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur yang terdiri dari 2 tower.

Berikutnya adalah 10 tower Rusun Sewa di Kemayoran dengan rincian Rusun Kemayoran di Blok C2 yang terdiri dari 3 tower dan Blok D10 yang terdiri dari 7 tower.

Dari ke lima rusun yang akan dibangun, sebagiannya sudah dalam proses pembangunan seperti Rusun Kemayoran. Sementara sisanya dalam tahap lelang konstruksi dan tahap pengosongan area pembangunan alias land clearing.

“Untuk Rusun Pasar Minggu dan Pasar Rumput kami sudah melakukan MoU dengan Pemda DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya juga tengah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Rencananya ground breaking akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,” pungkas dia.

(dna/ang)

finance.detik.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me