Berapa Sih Tinggi Pagar Rumah yang Ideal?

Big Banner

Bicara soal ukuran tinggi pagar rumah, sebenarnya ga ada aturan baku. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan tinggi pagar rumah ideal.

Ada baiknya kamu cari tahu dulu regulasi atau ketentuan pemda setempat atau yang dibuat oleh pengembang, tentang tinggi pagar rumah yang diperbolehkan. Contohnya, jika kamu bermukim di perumahan berkonsep town house, di sini penggunaan pagar tinggi biasanya dilarang oleh pengembang.

Baca juga: Pagar Hijau Lebih Segar dan Atraktif

Tinggi pagar rumah ideal juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai pemilik rumah. Jika ingin membangun pagar bertujuan untuk melindungi privacy di rumah, ketinggian pagar tersebut tentunya harus lebih tinggi dari ukuran badan orang dewasa, yakni sekitar 1,7 meter sampai 1,9 meter.

Jika kamu bermaksud ingin mencegah orang yang berniat tidak baik masuk ke dalam rumah, tentunya bisa lebih tinggi lagi, berkisar antara 1,8 – 2,5 meter. Tentunya untuk tujuan ini, pagar tersebut perlu treatment tambahan agar lebih aman, semisal diberi kawat berduri, pecahan kaca, listrik dengan tegangan yang tidak mematikan, dan lain-lain.

Baca juga: Sudah Tepatkah Pagar Rumahmu?

Untuk mengurangi kebisingan dari arah jalan, bukan cuma ketinggian pagar rumah yang harus diperhatikan, faktor ketebalannya juga perlu dipikirkan. Untuk meredam suara, pagar rumah sebaiknya dibuat dengan tebal minimal 10 cm dengan ketinggian antara 1,8 – 2 meter.

Nah, bila kamu tinggal di lingkungan klaster, bisa membuat pagar dengan ketinggian 0,9 – 1,2 meter atau cuma setinggi pinggang orang dewasa. Sementara, jika lebar rumah kamu kurang dari 8 m, idealnya tinggi pagar adalah 1,2 m. Apabila lebar rumah di atas 8 m, maka kamu bisa menggunakan pagar dengan tinggi hingga 1,5 m.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me