TERPOPULER: Kenali Asuransi KTA Sebelum Mengajukan Pinjaman

Big Banner

JAKARTA – Meminjam dana ke manapun, entah ke perorangan, ataupun ke suatu lembaga tertentu akan selalu menimbulkan konsekuensi tersendiri. Karena setelah kita berutang, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengembalikan uang tersebut. Sementara di tengah-tengah proses mengangsur, kita tak dapat menjamin apakah kita benar-benar ‘mampu’ melunasinya?

‘Mampu’ di sini bukan dalam artian melunasi utang tersebut secara nominal. Karena selama memiliki tubuh sehat, Anda tentu sangat mampu untuk berkarya dan berusaha mengerjakan apapun yang dapat menghasilkan uang, yang kemudian hasilnya digunakan untuk mengangsur tanggung jawab Anda.

Sekarang pertanyaan berikutnya, sampai kapankah Anda akan terus sehat dan terus dalam kondisi ‘mampu’ tersebut? Kita harus siap untuk menghadapi realita bahwa masa depan tidak dapat diprediksi dan kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada diri kita nantinya.

Sebut saja tiba-tiba Anda mengalami musibah, jatuh sakit berkepanjangan, kecelakaan, atau yang lebih ekstrim, akhirnya Anda meninggal dan meninggalkan utang. Hal tersebut memang tak dapat dihindari, tetapi Anda bisa mengantisipasinya dari sekarang terhadap kemungkinan-kemungkinan seperti itu. Bentuk antisipasinya bisa dengan menggunakan asuransi.

Kenapa perlu? Supaya Anda tak menjadi beban keluarga Anda tercinta, terutama bila Anda sedang mengangsur kredit jangka panjang, seperti KTA misalnya. Anda pasti tak mau merepotkan keluarga, bukan? Lalu, bagaimana antisipasinya supaya saat terbersit pikiran seperti di atas, Anda menjadi tenang, termasuk dalam proses pengangsuran yang belum terselesaikan? Tenangkan diri Anda, saat ini sudah ada asuransi kredit tanpa agunan.

Apa yang Dimaksud Asuransi Kredit Tanpa Agunan?

Asuransi ini sama persis dengan asuransi pada umumnya. Perbedaannya hanyalah peruntukannya yang memang untuk nasabah KTA. Program ini ditawarkan oleh perusahaan

Asuransi, biasanya begitu mengajukan KTA, akan ditawarkan pula asuransi KTA. Seperti halnya asuransi secara umum, Anda tetap harus membayar premi untuk ini. Dan premi tersebut otomatis dibayarkan saat membayar cicilan kredit ke bank. Akan tetapi, kebijakan bank berbeda-beda, ada yang dibebankan premi, ada pula yang sudah digratiskan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan perlindungan dan menjamin pelunasan cicilan penerima kredit/debitur apabila:

– Meninggal karena kecelakaan atau sakit

– Cacat tetap karena kecelakaan sehingga tak dapat melanjutkan cicilan

Jika risiko seperti poin di atas menimpa diri Anda, maka akan secara otomatis dijamin pelunasannya oleh perusahaan asuransi. Ada juga asuransi yang memasukkan jaminan pelunasan jika nasabah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Kenali lebih jauh masing-masing polis asuransi untuk melihat kemungkinan apa saja yang masuk dalam jaminan pelunasan.

Tapi memang, kenyataan yang ada dalam masyarakat kita, ada yang enggan membayar premi asuransi ini. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal ini memang masih terbilang tinggi. Tak banyak orang yang tahu tentang manfaat asuransi, karena ia merasa tak bisa rasakan manfaatnya secara langsung.

Yang perlu Anda pikirkan adalah siapa yang akan menanggung utang bila sesuatu terjadi pada diri Anda? Tidak memiliki asuransi sama halnya dengan tega membebani keluarga Anda, terutama jika Anda seorang kepala keluarga. Berarti dalam hal ini, Anda memasukkan istri dan anak-anak Anda sebagai penanggungjawab. Tentu ini tak adil. Satu lagi, meskipun KTA tidak diwajibkan menyerahkan jaminan berupa aset, ketika Anda tak mampu membayarnya, pihak bank bisa saja menyita aset Anda. Waspadai hal ini.

Bagaimana Cara Mendaftar Asuransi KTA?

Tak perlu syarat-syarat dokumen yang sama dengan saat Anda mengajukan permohonan KTA, karena biasanya layanan asuransi kredit tanpa agunan ini sudah termasuk dalam perjanjian dengan bank.

Anda hanya perlu meneliti biaya preminya (bila tak termasuk layanan gratis), dan apakah nilai itu senada dengan manfaat yang diperoleh. Anda lah yang harus berperan untuk menentukan apakah nilainya sesuai, atau Anda malah beralih ingin menggunakan program KTA yang sekaligus membebaskan asuransi kredit tanpa agunan.

Namun, hal yang tetap perlu diingat adalah tetaplah membayar cicilan dengan rutin dan disiplin. Karena adanya asuransi ini bukan berarti membuat Anda mangkir terhadap komitmen semula. Pihak penjamin asuransi pun tentu akan menilai mana nasabah yang cicilannya bisa dilunasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi, kredibilitas Anda tetaplah yang terpenting.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me