10 Kota di Indonesia yang Terapkan Konsep ‘Smart City’

Big Banner

Demi mendukung pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, konsep smart city pun diterapkan. Menurut Smart City ID, organisasi nirlaba yang dibentuk oleh peneliti dan profesional yang fokus di bidang penerapan kota pintar, smart city dinilai mampu menjadi solusi karena bisa membuat pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien.

Beberapa kota besar sebut saja Barcelona, Madrid, serta Singapura, dikatakan oleh Wahyu Putra tengah menerapkan konsep tersebut guna memperbaiki keadaan lingkungan, sosial, dan masyarakatnya.

Tak mau kalah oleh kota-kota besar tersebut, Indonesia juga ternyata sudah mulai merambah ke dalam penerapan konsep kota pintar seperti itu. Wahyu melanjutkan, setidaknya telah ada 10 kota yang berjalan ke arah sana.

BACA  JUGA : PLUS MINUS MENERAPKAN KONSEP SMART CITY

Seperti yang kita ketahui, Jakarta, Bandung, dan Surabaya telah lebih dulu menerapkan konsep tersebut. Mulai dari penggunaan aplikasi untuk pelaporan masalah di dalam kota, sistem controling online, pemasangan Wifi di berbagai sudut kota, dan lain sebagainya.

Lantas, 7 kota mana lagi yang tergolong masuk ke dalam smart city atau minimal sedang mencoba untuk merangkak ke arah sana?

rumahku.com