Optimalkan Sungai untuk Daya Tarik Kota

Big Banner

BANJARMASIN – Keberadaan sungai di suatu kota jika dapat dioptimalkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perkembangan kota tersebut, terutama untuk destinasi wisata.

Untuk itu, Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan berencana bakal menjadikan sungai sebagai beranda depan kota, yang selama ini kurang diberdayakan sebagai penggerak perkembangan kota.

“Kita tahu Banjarmasin memiliki 102 sungai tetapi selama ini kurang diberdayakan sebagai penggerak perkembangan kota, karena itu kedepan sungai akan lebih diperhatikan lagi,” kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Menurut Ibnu Sina, Banjarmasin diklasifikasikan sebagai kota pusaka dunia, bukan lantaran karena banyaknya benda atau bangunan peninggalan yang bersejarah, tetapi lantaran banyaknya sungai yang membelah kota yang luas sekitar 98 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 750.000 jiwa tersebut.

Banjarmasin tak ada memiliki sumber daya alam berupa tambang atau hutan, tetapi Banjarmasin hanya memiliki sungai, makanya sumberdaya sungai itu akan dikembangkan sebagai asesoris kota, sebagai urat nadi kota, sebagai alat mempercantik kota, serta sebagai penggerak ekonomi masyarakat.

“Kita tahu peradapan manusia itu berawal dari sungai, makanya jika kita berhasil mengembangkan sungai sebagai upaya menciptakan peradaban yang lebih maju maka kita akan lebih dikenal dan didatangi,” katanya.

Banyak daerah lain yang memiliki sungai dan sudah menjadi kunjungan wisatawan dunia, padahal sungai di daerah lain itu tidak se eksotis sungai di Banjarmasin, hanya saja sungai di Banjarmasin tidak bersih, banyak sampah, tercemar, yang itu membuat sungai di kota ini belum begitu dilirik.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me