Hotel di Puncak, Berebut  Pelancong di Akhir Pekan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih menawarkan pesona. Pemandangan hijau, hamparan kebun teh, hawa adem pegunungan, dan obyek-obyek wisata alam cukup menarik perhatian masyarakat urban. Setiap akhir pekan ribuan orang rela bermacet ria untuk retret sejenak dari kegaduhan kota. Hotel, vila, dan wisma sesak oleh pengunjung. Setiap akhir pekan sekitar 36 ribu kendaraan masuk Puncak. Para wisatawan ini merupakan pasar yang menarik untuk bisnis perhotelan. Jangan heran hotel dan kondotel (kondominium hotel) di Puncak tumbuh subur.

Aston-Horiz-Color-Large

“Setiap tahun jumlah wisatawan yang datang ke Puncak itu rata-rata naik 3,9 persen. Tahun 2004 ada lebih dari 1,1 juta orang dan terus meningkat lebih dari 1,3 juta orang pada tahun 1015. Dengan tren yang sama akan ada 1,74 juta orang wisatawan yang akan datang ke Puncak,” ujar Indra Hidayat, Direktur Utama PT Indra Megah Makmur (IMM),  usai penandatanganan kerjasama dengan Aston International di Jakarta, Senin (23/5).

IMM  adalah perusahaan pengembang yang membangun kondotel Kondotel Aston Ciloto di Jalan Raya Puncak, Ciloto. Kondotel  yang dibangun di area seluas 1,2 ha itu mencakup 153 unit kamar hotel. Fasilitasnya setara hotel bintang empat, antara lain kafe, infinity pool, area bermain anak, gym & spa, dan juga fasilitas untuk MICE dengan 6 meeting room dan ballroom berkapasitas 500 orang.

Proyek yang menelan investasi Rp180 miliar ini menawarkan unit tipe studio (28 m2/nett) seharga Rp1,3 – 1,5 miliar. Tahap pertama ditawarkan sebanyak 80 unit kamar. Unit-unit tersebut dioperasikan menjadi hotel oleh Aston. Pengembang memberi jaminan sewa 9-12 persen per tahun (2 tahun pertama). Setelah itu imbal hasilnya (yield) tergantung tingkat isian atau okupansi hotel. Targetnya dalam setahun yield-nya 12-15 persen.

Indra menyatakan proyek ini akan mulai dibangun awal tahun 2017. Targetnya awal tahun 2019 sudah mulai beroperasi (soft launching). Pembangunan Aston Ciloto ini memperbanyak pilihan hotel berbintang di Puncak.  Saat ini di Puncak ada 24 hotel mencakup 1.825 kamar.

housing-estate.com