RUU Jasa Konstruksi Akan Segera Disahkan

Big Banner

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah tengah melakukan upaya intensif terkait pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Jasa Konstruksi. Targetnya pada bulan Juni mendatang aturan ini sudah selesai dibahas dan dapat segera disahkan di sidang paripurna.

Terbitnya RUU ini diharapkan membuat usaha jasa konstruksi di Indonesia berkembang dan bersaing dengan perusahaan asing. Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 1999 tentang jasa konstruksi saat ini masih banyak kelemahan yang berpotensi merugikan dunia usaha konstruksi. Diharapkan dengan adanya ketentuan yang baru nanti, dapat mengurangi bahkan menghilangkan kriminalisasi terhadap pelaku jasa konstruksi.

BACA JUGA : INI PROFESI YANG DIBILANG SULIT DAPATKAN KPR

Poin penting lainnya dalam pembahasan RUU Jasa Konstruksi adalah tentang dibentuknya Badan Sertifikasi Registrasi Jasa Konstruksi (BSRJK). Tujuannya adalah untuk mendorong tenaga di sektor konstruksi dalam negeri dapat bersaing di luar negeri, paling tidak di ranah ASEAN.

Nizar Zahro, Anggota Komisi V DPR RI mengatakan, adanya sertifikasi ini sangat penting karena sebelumnya hanya berupa registrasi.

“Sertifikasi yang ada tanpa ada lambang Garuda pun ditolak di Singapura, Malaysia dan negara lain. Di Timur Tengah banyak kontraktor dari Indonesia, tapi ketika terjadi masalah paspor Indonesia yang dipakai. Itu tak bisa dibiarkan,” jelasnya seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me