Rumah Instan Ini Ternyata Tahan Gempa

Big Banner

TANGERANG – Kebutuhan rumah jadi kebutuhan yang harus dipenuhi, pasalnya kegunaan rumah bukan hanya jadi tempat tinggal saja, melainkan juga sebagai tempat berlindung dari berbagai macam kondisi termasuk bencana alam.

Namun apa jadinya jika rumah justru tidak dapat melindungi si penghuninya? Seiring dengan perkembangan teknologi berbagai macam perusahaan di dunia mengembang rumah tahan bencana termasuk gempa bumi.

Di Indonesia, tren itu pun turut terjadi, apalagi Indonesia dikenal sebagai negara yang berada di cincin api atau ring of fire, yang di mana daerah tersebut menjadi daerah rawan terjadinya gempa bumi.

Baru-baru ini perusahaan lokal berhasil mengembang sistem pembuatan rumah instan bernama rumah Domus. Rumah tersebut terbilang cepat dalam pembangunannya, yakni lima hari untuk tipe paling kecil yaitu 21.

General Manager PT Sakura Makmur Lestari Monica Suryanto memastikan, rumah instan Domus yang dipasarkan jadi rumah yang tahan gempa.

“Sudah diuji tahan gempa dari PUSKIM (Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman),” ujar Monica, saat pameran IndoBuildTech Expo 2016, di ICE BSD City.

Monica menuturkan, belum banyak negara-negara yang mengembangkan sistem pembangunan rumah seperti yang diterapkan pada rumah Domus.

“Belum banyak, yang banyak di negara lain itu precast, tapi precast kelemahannya perlu alat berat, kalau Domus tidak, kecuali dia bangun untuk kompleks,” jelasnya.

Monica juga menambahkan, saat ini rumah Domus banyak disukai di daerah-daerah, seperti Sukabumi, Ciamis, Manokwari, Yogyakarta, dan Tangerang.

“Ada tiga paket yang bisa dipesan, tapi yang perlu disiapkan customer untuk memesan itu pondasi, lahan, dan septic tank,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pameran IndoBuildTech Expo 2016 diselenggarakan sejak 25 hingga 29 Mei 2016, di ICE BSD City, Serpong, Tangerang.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me