IKEA Investasi Rp 9,14 Triliun untuk Energi Terbarukan

Big Banner

KOMPAS.com – IKEA, perusahaan global penjual furnitur dan rumah tangga asal Swedia telah mengambil langkah besar untuk dalam hal keberlanjutan.

IKEA mengumumkan tujuannya untuk berbuat apapun untuk menjaring semua dampak positif terhadap lingkungan.

Caranya adalah dengan menerapkan strategi investasi energi terbarukan, teknik efisiensi energi, dan mereduksi emisi pada rantai pasokan.

Perusahaan tersebut bahkan bakal merancang kembali beberapa produk untuk meningkatkan perilaku ramah energi terhadap konsumennya.

Atas upayanya tersebut, IKEA mendapatkan Penghargaan Bisnis Berkelanjutan 2016 dari The Guardian.

Perusahaan ritel itu merencanakan tujuannya untuk menghasilkan energi positif tersebut dalam empat tahun.

Saat ini, IKEA menghasilkan sekitar 53 persen energi dari sumber terbarukan, terutama angin dan solar atau tenaga surya.

IKEA kini memiliki 314 turbin angin dan telah memasang 700.000 panel surya di toko-toko dan pusat distribusinya. Produksi energi IKEA sendiri bervariasi tergantung dari lokasinya.

IKEA di Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Polandia telah mencapai status nol energi dengan memproduksi sendiri semua energi yang mereka butuhkan untuk beroperasi.

Sementara ladang angin IKEA di Kanada menghasilkan lebih dari dua kali energi yang digunakan di negara-negara tersebut.

Terinspirasi oleh Kesepakatan Iklim COP21 Desember lalu, IKEA menginvestasikan cukup banyak uang untuk proyek energi terbarukan di luar biaya operasi bisnisnya sendiri.

IKEA berjanji menginvestasikan dana sebesar 670 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 9,14 triliun dalam proyek energi terbarukan terkait kesepakatan iklim internasional.

Jumlah itu menambahkan investasi IKEA menjadi 1,67 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 22 triliun dan juga 446 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 6,09 triliun yang digunakan untuk melindungi masyarakat dari ancaman efek perubahan iklim.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me