Duh, RI Cuma Punya 1 DIRE Senilai Rp534 Miliar!

Big Banner

JAKARTA – Tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk penerbitan Dana Investasi Real Estat (DIRE) menjadi salah satu penyebab kurangnya instrumen investasi tersebut untuk berkembang di tanah air.

Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sujanto mengatakan, hingga saat ini sejak 2013 DIRE yang sudah diterbitkan di BEI baru satu produk, yaitu DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia, melalui aset Solo Grand Mall. (Baca juga: Begini Proses Investasi Melalui DIRE)

“Dari beberapa negara, yang terkait DIRE mereka sudah mengatur sedemikian adanya, tapi kita 2007 baru tergopoh-goopoh bikin aturannya untuk DIRE, baru setelah lima tahun aturan terbit baru terbit DIRE,” jelas Sujanto di BEI, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Sujanto mengaku, setelah 2012 DIRE tidak berkembang di Indonesia hal itu dikarenakan adanya pajak berganda yang sudah diperbarui pemerintah pada Paket Kebijakan Ekonomi V dan XI. (Baca juga: Lippo Group Disindir, Punya DIRE Rp30 Miliar di Singapura)

“Potensi di Indonesia masih sangat besar, sekarang saja nilai aset dari Solo Grand Mall sudah Rp534 miliar per Februari 2016, dari pertama kali efektif Rp356 miliar,” jelas Sujanto.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me