Banyak Kota Indonesia Berpotensi Jadi Smart City

Big Banner

JAKARTA – Konsep smart city atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia terutama karena pertumbuhan ekonomi dinilai akan didorong oleh perkotaan. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) menilai perlu adanya masterplan pengembangan Smart City di Indonesia.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, Indonesia memiliki banyak kota yang berpotensi menjadi Smart City. Antara lain, Balikpapan, Bontang, dan Banjarmasin, Makassar dan Manado. (Baca juga: Perkotaan Topang Ekonomi, BI: Perlu Masterplan Smart City)

Dalam mengembangkan Master Plan, kata Agus, perlu diperhatikan beberapa aspek. Bukan hanya ekonomi, melainkan smart living, smart people, smart mobility hingga smart governance.

“Smart City itu tentu pertama harus selaras dengan RPJP 2005-2025 dan RPJMN, kalau nanti bisa disiapkan Bappenas dengan penyesuaian UU itu akan baik sekali, ini yang harus kita di dlm master plan pengembangan kota,” ujarnya, Kamis (2/6/2016).

Minat dan inisiatif smart city di Indonesia semakin meningkat di tengah-tengah tantangan ekonomi sosial. Laporan terbaru International Data Corporation (IDC) Government Insights berjudul “Building Smart Cities in Indonesia” menunjukkan adanya peningkatan minat terhadap smart city initiative di Indonesia dalam meningkatkan produktivitas dalam negeri, kualitas hidup, dan mengatasi masalah ekonomi sosial negara yang mendesak. (Baca juga: Memasuki Era Smart City)

IDC menyakini pemerintah kota berperan penting dalam mendorong pengembangan smart city roadmap 2025 di Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi digital serta jenis teknologi lainnya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pemerintah.

property.okezone.com