Kinerja MKPI Melonjak Berkat Pondok Indah Residences

Big Banner

PT Metropolitan Kentjana, Tbk (MKPI) adalah salah satu perusahaan yang diulas kinerjanya oleh Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Juni 2016.   Disebutkan Qyartal 1 2016 total pendapatan Metropolitan Kentjana mencapai Rp693,05 miliar, disumbang oleh pendapatan sewa dan pendapatan penjualan properti. Perusahaan properti, penguasa lahan di kawasan elit Pondok Indah, PT Metropolitan Kentjana Tbk berhasil membukukan laba bersih sebanyak Rp280,91 miliar sampai dengan kuartal I 2016 atau tumbuh 89% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan (tidak diaudit), perolehan laba bersih perseroan ditopang oleh pertumbuhan pendapatan yang mencapai 127%. Total pendapatan Metropolitan Kentjana mencapai Rp693,05 miliar, disumbang oleh pendapatan sewa dan pendapatan penjualan

Pendapatan sewa perusahaan berkode emiten MKPI itu naik 10,57% menjadi Rp285,83 miliar, ditopang sewa dari pusat perbelanjaan, perkantoran, dan apartemen. Pendapatan dari pusat perbelanjaan masih menjadi penyumbang terbesar sebanyak Rp177,31 miliar.

Jeffri Tanudjaja, Wakil Presiden Direktur MKPI, mengatakan pendapatan perseroan melonjak berkat pengakuan pendapatan dari penjualan Pondok Indah Residences. Tahun lalu, kontribusi pendapatan dari proyek tersebut mencapai Rp860 miliar. “Tahun ini pun masih ada pembukuan pendapatan dari proyek itu,” ujarnya, seperti dikutip dari bisnis.com.

Sebagaimana diketahui, tahun ini perseroan telah menyiapkan Rp3 triliun capital expenditure (belanja modal). Sebagian besar atau 80 % dari dana sebesar itu berasal dari kas internal perseroan. Sisanya, 20 % atau Rp600 miliar berasal dari pinjaman perbankan.

Rencananya, dana belanja modal tersebut akan digunakan untuk membiayai keberlanjutan pembangunan Inter-Continental Hotel Group, dan tiga menara apartemen Pondok Indah Residences. Selain itu, dana belanja modal tersebut juga akan digunakan untuk memulai pembangunan town house di Pondok Pinang serta pusat belanja Pondok Indah Mall 3 seluas 55.000 meter persegi, yang dilengkapi perkantoran seluas 45.000 meter persegi di atasnya.

“Akhir tahun ini, perseroan akan menyiapkan proyek hunian berupa town house diatas lahan seluas 3,5 hektare di kawasan Pondok Pinang,” tambah Jeffri. Untuk pembangun an proyek hunian kelas menengah atas ini dilakukan bertahap.

“Pembangunan awal, kemungkinan akan dikerjakan 10 unit hunian de ngan investasi sekitar Rp50 – 60 miliar,” pungkasnya, beberapa waktu lalu.

mpi-update.com