Perumnas Bangun 2.600 Unit Rusun untuk Atlet Asian Games

Big Banner

Palembang -Perum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) meresmikan pembangunan dan meluncurkan pendaftaran perdana pemesanan Rumah Susun Umum Jakabaring yang berlokasi di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Pembangunan rusun ini dilakukan atas kerjasama yang dilakukan oleh Perumnas dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, yang didukung oleh Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN. Pembangunan rumah susun ini ditargetkan rampung pada 2017 mendatang sebelum perhelatan Asian Games dilaksanakan.

Total ada enam tower rumah susun yang dibangun di atas lahan seluas 5 hektar yang akan menampung sekitar 2,600 unit hunian dan akan terhubung langsung dengan Light Rail Train (LRT) dan jembatan Musi 4.

“Kawasan hunian atlet yang berkonsep rumah susun umum ini akan menjadi yang terbesar dan terintegrasi di Palembang, dan tidak membebankan APBN dalam pembangunannya,” jelas Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto pada acara peresmian pembangunan dan peluncuran rumah susun umum Jakabaring, Palembang, Kamis (09/06/16).

Setelah dihuni oleh para atlit Asian Games 2018 nanti, kawasan hunian ini rencananya juga akan ditargetkan kepada para PNS, instansi pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan masyarakat umum lainnya dengan kualitas yang telah disesuaikan dengan standar internasional (AOC).

Harga jual rusun ini terbagi atas dua tipe, yaitu tipe studio dengan harga jual Rp 204 juta dan luas semi gros 23,5 meter. Dan tipe 2 bed room dengan harga Rp 284,727 juta dan luas 33 meter.

“Progress pembangunan ini telah sampai pada struktur bawah yang sudah dirampungkan sehingga sekitar 10% progress pembangunan telah dicapai,” kata Himawan.

Proyek ini sendiri meraup dana sebanyak Rp 600 miliar, dan dari sisi pendanaan selain dari internal Perumnas, juga menjalin kerjasama dengan perbankan nasional dan daerah.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyambut baik terdapatnya proyek nasional yang tidak membebankan APBN ini. Dia mengatakan ini seharusnya dapat digulirkan di wilayah lainnya di Indonesia guna mempercepat program sejuta rumah pemerintah.

“Dengan menjalin sinergi dengan pemerintah daerah dalam hal penyediaan lahan dan perizinan serta sektor perbankan dalam hal pendanaan, program seiuta rumah dan penanganan backlog perumahan akan dapat terealisasi ke depannya. Proyek Jakabaring Palembang ini yang dapat dijadikan contoh,” pungkasnya.

Selain peresmian pembangunan rusun ini, BUMN yang bergerak di bidang perumahan atau permukiman ini juga melakukan launching pemasaran untuk 2.600 unit rusun yang ditargetkan rampung 2017. Hingga pukul 16.00 WIB hari ini, detikFinance mencatat sudah ada sekitar 190 unit rusun terjual.

(ang/ang)

finance.detik.com