Atasi Bocor Bak Cuci Piring

Big Banner
Ilustrasi: Rumah123/iStock

Tempat atau bak untuk mencuci piring, atau yang biasa disebut sebagai kitchen sink, termasuk bagian penting dapur. Pada bagian inilah bahan makanan dan peralatan makan dan memasak dicuci.

Intensitas penggunaan aktivitas dengan air yang tinggi membuat bocor dan rembes seringkali menjadi masalah pada tempat mencuci piringmu.

Baca juga: Dapur Hemat Listrik itu Seperti Apa Sih?

Bocor dan rembes tersebut sebaiknya tidak kamu biarkan terlalu lama. Bocor dan rembes tersebut nantinya bisa berisiko merusak kitchen set-mu dan juga lantaimu.

Bila bocor terjadi pada bak cuci, kamu dapat membongkar keramik di area sink. Kamu dapat mengoleskan pelapis khusus yang mengandung bahan kedap air dengan bahan dasar semen. Bila perlu, beri dua lapisan agar memastikan daerah tersebut aman dari rembesan air.

Jika bocor terjadi pada sambungan sink dan meja dapur, gunakan sealent pada sambungan meja dapur dan sink. Bocor pada bagian ini dapat terjadi karena sambungan yang tidak kuat antara kitchen sink stainless steel dan meja dapur dari beton yang berakibat pada retak atau pecah.

Baca juga: Ternyata, Dapur Kotor Bikin Rakus, Lho!

Jika setelah menggunakan sealent masih terjadi kebocoran, maka sebaiknya kamu menggunakan semen untuk menambal bagian tersebut.

Nah, untuk mencegah terjadinya bocor atau rembes, sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu ukuran lubang meja dan sink yang kamu kehendaki. Posisi sink yang tidak tepat dengan lubang meja menjadi penyebab utama kebocoran terjadi pada banyak kasus. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me