”Kantor Terbuka” Siap Booming di Indonesia

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Pola kerja pekerja kantoran terus berubah setiap tahunnya, mengikuti perkembangan teknologi. Akibatnya, para karyawan pun menciptakan tren baru di dunia kerja.

Saat ini, tren kantor terbuka tengah menjadi tren di Amerika Serikat, dan diprediksi akan segera booming di Indonesia. Seperti apa?

Kantor terbuka, seperti di Silver Springs, Maryland, merupakan outdoor office yang dikembangkan The Peterson Cos. Para karyawan di sana bisa duduk bekerja sambil menikmati pemandangan sekitar.

Baca juga: Cara Cerdas Mengatur Sekat Apartemen

Guna menunjang pekerjaan, di area itu juga disiapkan berbagai kebutuhan untuk bekerja seperti meja, kursi, listrik, hingga internet. Tempat itu dinamai Outbox.

Proyek ini dirancang oleh mahasiswa jurusan teknologi dari Montgomery College. Desain kantor ini terbuka untuk publik dan dapat dilihat oleh masyarakat luas.

Keberadaan kantor jenis ini lah yang nantinya juga diperkirakan akan menjadi tren baru layaknya pop-up shop.

Banyak desainer mengatakan, bahwa bekerja di luar ruangan dapat memunculkan kreativitas. Sebab, bekerja dengan metode seperti ini tidak memaksakan seseorang untuk ”terkunci” di dalam ruangan.

Selain itu, bekerja di luar ruangan juga lebih baik untuk otak, karena di luar terdapat banyak oksigen ketimbang di dalam ruangan yang didominasi dengan AC.

”Bekerja di luar kantor merupakan ide yang dapat diterapkan di Indonesia, karena cuaca cukup hangat di sini dan orang Indonesia sangat senang berada di luar,” ujar Managing Director Lamudi Indonesia, Mart Polman.

Baca juga: Tak Harus Ganti Furnitur Saat Lebaran

Desain kantor lainnya yang diperkirakan akan menjadi tren adalah Office POD. Yakni sebuah kantor kecil portabel yang bisa diletakkan di mana saja, termasuk di luar ruangan.

Salah satu kelebihan POD ini adalah cepat dan mudah dibangun tanpa mengganggu struktur bangunan yang sudah ada.

Selain itu, kecenderungan kantor modern saat ini adalah memasukkan unsur-unsur alam seperti penggunaan panel kayu daur ulang, lantai beton, dan karya seni.

Pengaplikasian unsur-unsur ini memang sengaja dilakukan untuk menciptakan nuansa alami pada ruangan kantor.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me