Sequis Tower, Pencakar Langit Berkelanjutan

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Dokumen Rumah123/iStockphoto)

Di antara sederet pencakar langit di Jakarta, Sequis Tower diklaim sebagai bangunan tinggi berkelanjutan atau sustainable di Jakarta.

Menurut Marketing Advisor Farpoint, Dougie Crichton, bangunan yang terletak di Sudirman Central Business District (SCBD) ini dirancang langsung dengan analisis konteks, iklim, budaya, kekuatan situs, optimalisasi kinerja, dan efisiensi bangunan.

”Desainnya secara strategis menyambungkan kembali aliran yang saat ini terpecah menjadi perpanjangan konektivitas pejalan kaki, melengkapi masyarakat dengan keragaman program baru,” ujar Dougie seperti dikutip dari Okezone.

Baca juga: Gedung Baru di DKI Harus Ramah Lingkungan

Menurut Dougie, bangunan yang dirancang oleh Kohn Pederson Fox Associates (KPF) ini memiliki ketinggian 212 meter. Bangunan yang terinspirasi dari pohon bayan ini juga ditetapkan sebagai standar baru untuk Jakarta oleh Council Tall Building and Urban Habitat (CTBUH).

Desain bangunan ini membentuk bagaikan bundel dari empat menara dengan taman atap di tiap menaranya. Taman-taman tersebut menampilkan tanaman lokal serta podium untuk akses pejalan kaki.

Selain itu, Sequis Tower juga menggunakan sumber bahan bangunan lokal untuk mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan dalam proses pembangunan.

Baca juga: Arsitek, Kontraktor, dan Alam Penentu Keselamatan Gedung

Gedung tersebut menggunakan rangkaian shading fins yang dirancang untuk efisiensi dan mengompensasi radiasi matahari pada fasad bangunan.

Sebelumnya, Jakarta ditetapkan sebagai negara kedua yang mampu menyelesaikan pembangunan gedung di atas 200 meter terbanyak selama 2015. (Ing)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me