Cara Mengetahui Seprai Berkualitas

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Dokumen Rumah123/iStockphoto)

Pernah ga kamu mengalami membeli seprai dengan merek yang sama tapi ketika dipakai rasanya berbeda? Jika sebelumnya seprai yang kamu beli terasa halus dan dingin, tapi di produk yang kedua malah kasar dan panas.

Karena itu, jangan terpaku hanya pada satu merek. Sebaiknya, kamu lebih dalam memahami ragam bahan seprai sehingga bisa memilih produk yang benar-benar nyaman saat digunakan.

Adapun ciri-ciri seprai yang berkualitas di antaranya adalah terasa lembut saat diraba atau diletakkan di punggung lengan. So, ketika memegang bahan seprai, jangan hanya meremas dengan ujung jari tapi langsung diraba penuh dan letakkan di punggung lengan.

Baca juga: Say No to Seprai Bercorak!

Jika seprai terasa licin dan dingin, itu artinya mengandung satin. Beda halnya dengan seprai yang didominasi bahan polyester, akan terasa licin tapi panas.

Lalu, bagaimana cara membedakannya? Ambil seutas benangnya dan bakar dengan api dari bawah ke atas. Jika api merambat perlahan, itu berarti bahan seprai bagus karena mengandung banyak katun. Jika api naik dengan cepat, artinya bahan seprai lebih banyak polyester.

Takut dengan api? Well, masih ada cara lain, yakni menerawang seprai ke arah sinar. Jika sangat menerawang maka dipastikan kerapatan benangnya rendah. Semakin tinggi kerapatan benangnya tentu semakin solid bahannya sehingga sulit ditembus cahaya.

Baca juga: Awas! Seprai Bisa Jadi Sarang Bakteri

Terkait luntur tidaknya seprai ketika dicuci, kamu bisa memastikannya dengan cara mengucek bahannya dengan ujung jari. Jika meninggalkan bekas pewarna, bisa dipastikan akan luntur jika dicuci.

Bahan seprai yang kurang bagus, semakin sering dicuci, maka semakin habis warnanya. Pengaruh warna yang solid seperti merah atau hitam juga membuat sprei tampak tebal, dan biasanya ada lunturannya pada cucian pertama.

Nah, yang terakhir adalah dilihat dari harganya. Semakin mahal, seprai dipastikan berkualitas baik. Jika kamu menemukan seprai berharga murah tapi diklaim memiliki bahan bagus, jangan pernah percayai itu!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me