Selama Euro 2016, Warna Menara Eiffel Berganti Tiap Malam

PARIS – Pengguna media sosial atau netizen akan ‘mengambil alih’ Menara Eiffel selama satu bulan ke depan atau tepatnya selama gelaran Euro 2016 berlangsung.

Warna dari menara yang dirancang oleh Gustave Eiffel itu akan berganti setiap malam sesuai negara yang sedang bertanding dalam Euro 2016.

Sebagai bagian dari kampanye publisitas maskapai penerbangan Prancis, yakni Orange yang menjadi sponsor Euro 2016, lampu warna Menara Eiffel akan dipilih berdasarkan jumlah tweet, postingan Facebook, dan postingan Instagram untuk masing-masing negara partisipan.

Seperti dikutip dari QZ, Kamis (23/6/2016), cara kerjanya sebagai berikut, misalnya jika Prancis dan Inggris bertanding, setiap penggemar bisa secara bersama-sama atau secara masif mengekspresikan dukungannya melalui media sosial melalui hashtags atau tanda pagar yang direkomendasikan oleh UEFA, misalnya #FRA atau #ENG.

Postingan di media sosial ini dihitung dari satu menit lewat tengah malam pada hari pertandingan sampai dengan pukul 21.30 malam waktu Prancis. Tim dengan dukungan di sosial media melalui hashtags paling banyak akan diproyeksikan melalui lampu-lampu ke Menara Eiffel hingga tengah malam.

Dalam setiap event sepakbola, media sosial cenderung menjadi lebih kuat. Saat Piala Dunia 2014 saja jumlah cuitan yang muncul sebanyak 672 juta tweet atau enam kali lebih banyak dari Olimpiade.

Euro 2016 dihelat mulai dari 10 Juni hingga 10 Juli 2016 yang diikuti oleh 24 negara Eropa dengan 51 pertandingan dari 10 stadion megah di Prancis.

Okezone.com menjadi satu-satunya media portal di Indonesia yang menayangkan live streaming setiap pertandingannya. Live streaming ini nantinya dapat dikonsumsi masyarakat Indonesia melalui perangkat telefon pintar dan komputer.

property.okezone.com