TRIK PROPERTI: Mengenal Perumahan Islami yang Populer di Indonesia

Big Banner

Bisnis.com, JAKARTA – Produk properti berupa perumahan Islami saat ini sedang populer di Indonesia. Ketika mencoba mencari hunian tinggal di berbagai media, tak jarang iklan properti menyebutkan atau mengklaim produknya sebagai perumahan Islami.

Pertanyaannya tahukah Anda apa itu perumahan Islami?

Seperti namanya, perumahan Islami tentu mengedepankan nilai-nilai dan konsep agama Islam. Konsep tersebut direalisasikan dalam bangunan, lingkungan sosial, transaksi jual beli dan sebagainya.

Sebagai informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini :

Arsitektur Perumahan Islami

Pengembang dan arsitek mewujudkan hunian berkonsep Islam lewat desain bangunan secara keseluruhan. Contohnya ada tulisan kaligrafi di dinding, rumah dilengkapi musala, ada keran khusus untuk wudhu, tata letak dan denah ruang yang mengikuti anjuran agama dan sebagainya.
Bangunannya sendiri didesain tertutup, agar tak terlihat orang lain dari luar dan menjaga privasi penghuni. Desain bangunan juga dibuat khas Indonesia yang gemar bersosialisasi dan umumnya meniadakan pagar.

Satu kompleks perumahan Islami umumnya juga dilengkapi dengan fasilitas masjid, mushola, Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dan sebagainya. Untuk fasilitas umum seperti kolam renang, umumnya ada aturan khusus di perumahan Islami. Misalnya pembatas antara tempat pria dan wanita atau pengaturan waktu pemakaian.

Selain itu, beberapa perumahan Islami juga memiliki kegiatan rutin keagamaan, seperti pengajian, sholata berjamaah dan lain-lain. Sejumlah perumahan Islami bahkan menerapkan aturan menutup aurat bagi penghuninya.

Perumahan Islami benar-benar ditonjolkan lewat arsitektur, lingkungan perumahan, hingga kegiatan warga di dalamnya.

Karakteristik Perumahan Islami

Terkait arsitektur yang dibahas sebelumnya, sudahkah wujud perumahan Islami yang ada selama ini mengikuti ajaran agama? Salah satu cara mengetahuinya bisa dengan mengenal seperti apa karakteristik rumah bernuansa Islami, di antaranya:

–    Fungsional dan Syar’i

Rumah indah sangat dianjurkan dalam agama. Namun akan semakin baik bila rumah memberikan manfaat dan bersifat fungsional, serta syar’i. Misalnya ruang yang dibangun dan perabotan yang digunakan sesuai kebutuhan dan tak berlebihan.
Konsep syar’i sebuah rumah bisa dilihat dari bangunan yang bisa menjaga aurat penghuninya, menetapkan ruang ibadah di dalam rumah, dan sebagainya.

– Lokasi dekat Masjid atau Mushola

Nabi Muhammad SAW mengajak para ummatnya untuk menegakkan salat berjamaah di masjid atau musala. Kebiasaan baik yang ganjarannya pahala dan penghapusan dosa.

Berdasarkan sabda Nabi tersebut, tentu sangat nyaman dan menyenangkan ketika rumah tinggal dengan dengan lokasi ibadah. Penghuni bisa mendengarkan Adzan tiap waktu, sholat berjamaah, mengikuti kajian keilmuan dan  kegiatan sosial lain yang diadakan masjid atau musala.

Selain itu, perumahan Islami umumnya juga dijual lewat cara-cara yang agamis, seperti lewat KPR Syariah yang dimiliki oleh bank-bank syariah.  Pilihannya saat ini cukup banyak mulai dari perumahan Islami yang harganya di bawah Rp500 juta hingga miliaran rupiah.

properti.bisnis.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me