Disuntik Dana 175 Juta Dollar Singapura, Portal Ini Akuisisi Domain dan Aplikasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah.com mendapat suntikan dana dari sebuah konsorsium yang terdiri dari perusahaan investasi global TPG, kelompok media Emtek atau PT Elang Mahkota Teknologi, dan perusahaan venture teknologi Squarepack.

Ketiganya menyuntikkan dana senilai 175 juta dollar Singapura ke Rumah.com yang kemudian dibelanjakan untuk mengakuisisi beberapa perusahaan tertentu.

“Akhirnya setelah suntikan dana, kita akuisisi beberapa perusahaan, misalnya Rumahdijual.com di Indonesia akhir tahun kemarin,” ujar Country Manager Rumah.com Wasudewan kepada Kompas.com, Kamis, (23/6/2016).

Ia mengatakan, Rumahdijual.com ini merupakan salah satu domain yang banyak dikunjungi masyarakat Indonesia saat mencari rumah secara dalam jaringan (daring).

Meski sama-sama situs listing properti, Wasudewan mengaku tidak khawatir pamor Rumah.com akan tergantikan dengan Rumahdijual.com.

Pasalnya, Rumah.com cenderung menjual rumah baru, sementara Rumahdijual.com lebih banyak menjual rumah sekunder.

“Kalau Rumah.com kita banyak dapatkan informasi dari pengembang yang baru meluncurkan properti. Sedangkan Rumahdijual.com banyak yang menjual rumah dari tangan pemiliknya langsung atau orang per orang,” jelas Wasudewan.

Selain Rumahdijual.com, Rumah.com juga mengakuisisi e-Property Track yaitu sebuah platform atau aplikasi yang dibuat khusus untuk pengembang.

Melalui platform ini, para agen properti bisa mengecek unit-unit properti yang sudah terjual maupun yang masih tersisa.

Sejauh ini, pengembang di Indonesia yang sudah menggunakan e-Property Track adalah Alam Sutera.

Perusahaan lainnya yang diakuisisi Rumah.com adalah Ensign Media yang fokus pada penyelenggaraan acara. Salah satu produknya adalah Indonesia Property Award.

Perusahaan ini sebelumnya telah menggelar acara penghargaan di 9 negara antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura Filipina, Myanmar, Vietnam, dan Laos.

Selain menggelar acara, Ensign Media juga memproduksi majalah Property Report yang menyajikan informasi terkait properti, arsitektur, dan desain mewah di Asia.

Wasudewan mengatakan, baik Ensign Media dan e-Property Track, tidak berhubungan dengan domain atau internet. Namun, ia melihat adanya kesempatan Rumah.com untuk berekspansi di luar situs daring.

“Kami benar-benar ingin jadi partener yang menyediakan solusi end to end kepada developer dan agent. Akhirnya yang dapat benefit adalah konsumen, karena informasi lebih banyak,” tandas Wasudewan.

properti.kompas.com