Jalan Tol Palikanci-Pejagan-Brebes Timur Mulus, Tarif Rp 55.500

Big Banner

BREBES, KOMPAS.com – Kondisi fisik Jalan Tol Kanci-Pejagan-Brebes Timur secara umum siap digunakan untuk mudik Lebaran 2016.

Kepala Cabang Jalan Tol Kanci Pejagan Pemalang Zulmarlyan Iskandar memastikan hal tersebut kepada Kompas.com, Sabtu (25/6/2016).

Menurut Yayan, sapaan akrab Zulmarlyan, untuk ruas Tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 kilometer bisa dikatakan sempurna dilintasi.

Jika tahun lalu ruas ini masih dalam perbaikan fisik, sekarang sudah dilapisi aspal atau overlayed.

“Khusus untuk jalur A atau jalur mudik, meskipun baru satu kali pelapisan, namun kondisinya jauh lebih baik dan lebih mulus dibanding tahun lalu,” jelas Yayan.

Sedangkan jalur B atau jalur balik, saat ini masih dalam tahap pekerjaan pembetonan untuk titik-titik yang mengalami kerusakan majeur

Pekerjaan pembetonan dimaksud akan lebih intensif lagi digenjot setelah Lebaran 2016.

Yayan menambahkan di ruas Tol Kanci Pejagan tersedia rest area atau tempat istirahat (TI) di KM 229 yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk beristirahat.

Adapun tarif yang dipatok untuk melintasi ruas tol yang dikelola oleh Waskita Toll Road sebesar Rp 24.000 untuk kendaraan Golongan I.

Kondisi fisik sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Hal ini ditandai dengan pelapisan aspal pada dua jalurnya, baik jalur A untuk mudik, maupun jalur B untuk balik. 

Di ruas tol ini terdapat dua TI yang masing-masing jalur terdapat di KM 252.

Hilda B Alexander/Kompas.com Kondisi Tempat Istirahat Tol Pejagan-Brebes Timur di Km 252, telah dilengkapi mushola, toilet, dan kantin.

Yayan menjelaskan, TI jalur A di KM 252 merupakan TI Tipe B. Kondisi fisik dan fasilitas sudah siap. Terdapat mushola, toilet, dan kantin.

“Saat ini sedang dalam proses untuk pengisian tenan-tenan dari pengusaha setempat dan usaha mikro kecil menengah beberapa hari mendatang sebelum mudik dimulai,” sebut Yayan.

TI Tipe B, lanjut Yayan, saat ini belum dilengkapi SPBU. Namun, pada 30 Juni nanti, di Jalur A akan disediakan BBM via Pertamina untuk jenis pertamax dengan kemasan 10 liter dan 20 liter plus tanki BBM kapasitas 1 ton per hari.

Adapun tarif yang dipatok untuk pemudik yang melintasi ruas Tol Pejagan-Brebes Timur adalah Rp 20.000.

Namun, sejalan dengan mulai diterapkannya integrasi pembayaran, Tol Kanci-Pejagan-Brebes Timur masuk dalam klaster II bersama ruas Tol Palimanan-Kanci (Palikanci).

Dengan demikian, tarif tol yang harus dibayarkan oleh pemudik sebesar Rp 55.500. Pembayaran bisa menggunakan uang tunai atau e-payment melalui kartu elektronik yang dikeluarkan Bank Mandiri, BNI, BRI. 

“Sedangkan kartu elektronik dari Bank BCA masih dalam proses validasi,” tuntas Yayan. 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me