Setelah Lebaran, Properti pun Melaju

Big Banner
Ilustrasi: Rumah123/iStock

 

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) DPD DKI Jakarta, Ir. S. Iskandar. MS, MT, memprediksi bahwa setelah Lebaran, pasar properti akan melaju.

Hal tersebut karena adanya rancangan-rancangan kebijakan baru yang diprediksi akan disahkan setelah Lebaran. Kebijakan tersebut termasuk mengenai pemangkasan waktu, biaya, dan penyederhanaan administrasi.

Baca juga: Ada Peningkatan Transaksi Properti di Rumah123.com

Iskandar mengakui, selama bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri, penjualan properti memang menurun.

“Pada bulan Ramadan menuju Idul FItri, pengeluaran masyarakat kan cenderung pada yang sifatnya konsumtif, sedangkan rumah kan investasi, sehingga progres terhadap pembelian rumah cukup berkurang,” tutur Iskandar, Kamis (23/6), di Jakarta pada rumah123.com.

Menurutnya, dalam setahun biasanya memang ada siklus naik-turun penjualan properti. “Dalam setahun, supply dan demand itu ada habitnya kapan lagi slow, kapan melaju,” ujarnya.

Baca juga: Rumah123 Umumkan Hasil “Asia Property Sentiment Survey”

Iskandar juga menambahkan bahwa biasanya setelah Hari Raya dan kebutuhan tahun ajaran baru, properti akan kembali menggeliat dan naik kembali. “Habit-nya di semester dua, Agustus sampai November akan menggeliat,” ucapnya.

Sedangkan bila melihat pasar properti secara keseluruhan, Iskandar mengatakan bahwa 2016 properti mulai merangkak naik, namun pertumbuhannya baru akan terlihat di awal tahun depan. “Di 2017 hingga 2018 akan melaju pesat,” katanya meyakinkan. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me