Medan 1 dari 10 Kota Potensial Tujuan Investasi Versi MPI

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Juli 2016, menurunkan 10 kota potensial tujuan investasi. Salah satunya adalah Kota Medan, yang memiliki areal seluas 26.510 hektar yang secara administratif dibagi atas 21 kecamatan.

Dengan penduduk lebih dari tiga juta jiwa, indikator makro ekonomi Medan dalam lima tahun terakhir  terus menunjukkan perkembangan cukup cemerlang. Berdasarkan data Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) pada tahun 2015, realisasi investasi di Kota Medan mencapai Rp4,3 triliun untuk penanaman modal asing. Sementara, untuk penanaman modal dalam negeri sebesar Rp436 miliar.

Realisasi tersebut ditargetkan mening kat sebesar Rp8 triliun pada tahun 2016, sesuai dengan target pertumbuhan ekonomi di Medan yang berkisar pada angka 7,5% atau di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Secara umum, struktur perekonomian Kota Medan sangat didominasi oleh empat sektor yang memiliki kontribusi cukup besar dalam pemben tukan PDRB, antara lain, sektor perdagangan, hotel dan restoran.

Disusul sektor pengangkutan dan komunikasi, keuangan, Medan Didukung Penuh Infrastruktur Transportasi yang memadai seperti Pelabuhan, Bandara internasional, kereta api, akses tol persewaan dan jasa perusahaan serta industri pengolahan dan bangunan. Penopang Ekonomi : Perdagangan, industri, pertanian dan jasa Pertumbuhan Ekonomi : 6,8 % – 7,3%

Meski belum seatraktif kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, terdapat beberapa faktor yang membuat industri properti di Medan terus menggeliat, antara lain, bermunculannya kelas menengah baru akibat dampak pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor komoditas primer dan pertambangan, harga properti yang lebih murah dibanding kota-kota utama di Jawa serta berkembangnya strategi baru dari perbankan sebagai penyedia kredit.

Investasi properti di Kota Medan dan kawasan sekitarnya diprediksi akan semakin bertumbuh seiring beroperasinya dua ruas jalan tol di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yaitu ruas tol Medan -Kualanamu-Tebing Tinggi dan ruas tol Medan-Binjai. Kedua ruas tol tersebut merupakan bagian dari 25 ruas Jalan Tol di Pulau Sumatera yang akan dibangun sepanjang 2.819 kilometer. Versi digital MPI dapat diakses melalui http://www.wayang.co.id/index.php/majalah/properti-indonesia atau https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia.

mpi-update.com