Hingga Juni 2016, Bali Tambah Koleksi 1.071 Kamar Hotel

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan bisnis perhotelan di Bali terus meningkat. Selama kuartal II 2016, setidaknya ada tujuh hotel baru di Bali dengan komposisi tiga hotel berbintang 3 dan empat hotel berbintang 4.

Ketiga hotel berbintang 3 itu antara lain adalah Artotel Bali Sanur, Kila Infinity 8 Jimbaran di Kuta, dan Ibis Legian Street di Kuta.

Bagi Artotel, ini merupakan pertama kalinya mereka mengoperasikan hotel di Bali dan dalam debutnya ini mereka menyediakan 89 kamar.

Sementara itu Kila 8 Infinity Jimbaran yang berada di bawah bendera Aerowisata Hotels & Resort berkontribusi sebanyak 180 kamar.

Sedangkan Ibis Legian Street milik AccorHotels memberikan kapasitas sebanyak 106 kamar.

Secara total, tambahan 375 kamar dari ketiga hotel ini membuat persediaan kamar hotel berbintang tiga di Bali menjadi 26.292 unit hingga Juni 2016.

Untuk kategori hotel berbintang empat, Hilton Hotels & Resort untuk pertama kalinya membuka hotel kelas atas mereka di bawah merek Hilton Garden Inn yang menyediakan 292 kamar.

Berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai, Hilton Garden Inn sengaja menyasar pasar dari penumpang yang transit.

Selain Hilton Garden Inn, hotel bintang empat di dekat Bandara Internasional Ngurah Rai adalah Novotel yang ada di bawah naungan AccorHotels dan menawarkan 214 kamar.

Hotel bintang empat lainnya adalah Golden Tulip Jineng Tamansari di Kuta berkapasitas 190 kamar yang merupakan bagian dari Louvre Hotels Group.

Terakhir ada Hotel The Nest di Tanjung Benoa yang dioperasikan oleh Prasanthi berkapasitas 115 kamar.

Secara total, persediaan kamar hotel berbintang empat hingga saat ini adalah sebanyak 21.358 kamar.

Sementara itu untuk hotel berbintang lima belum ada tambahan selama kuartal II 2016 dan hanya ada The Katamama Potato Head Boutique Hotel yang dibuka pada kuartal I 2016 dengan kapasitas 58 kamar.

Tambahan 375 kamar hotel berbintang tiga dan 696 hotel berbintang empat membuat Bali memiliki tambahan 1.071 kamar selama kuartal II 2016.

Colliers Internasional Indonesia memperkirakan pada akhir 2016 nanti ada pertambahan jumlah kamar di masing-masing kategori hotel.

Nantinya, kamar hotel bintang tiga menjadi 7.402 kamar, 24.570 kamar hotel berbintang empat, dan 19.858 kamar hotel berbintang lima.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me