Saatnya Mengembangkan Kota Pensiun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tahun 2020-2030 Indonesia akan mengalami bonus demografi yang bisa berdampak positif atau negatif.  Bila ingin positif  harus dipersiapkan dengan baik. Setelah periode ini pada tahun 2045-2055 Indonesia akan menghadapi gelombang lanjut usia (lansia). Generasi produktif memasuki usia lanjut. Karena itu sudah saatnya dipikirkan mengenai pengembangan kota layak huni bagi lansia atau kota pensiun.

Suasana Magelang

Menurut Asisten Deputi Bidang Penyelenggaraan Persidangan Sekretariat Kabinet (Setkab) Thanon Aira Dewangga seperti dikutip dari situs resminya, Senin (11/7), saat ini kemajuan perkotaan tolok ukurnya berdasar pendekatan ekonomi. Besaran pendapatan asli daerah (PAD) diposisikan lebih penting dari indikator indeks kebahagiaan masyarakat.

“Saat ini hampir semua kota meningkatkan perekonomian dengan mengundang investor dalam dan luar negeri untuk membangun kotanya. Dampaknya semua kota menjadi sahabat manusia usia produktif dan melupakan lansia. Ritme dan lifestyle kota-kota yang berorientasi pada ekonomi tentu tidak sesuai dengan lansia dan ini harus mulai kita pikirkan,” terangnya.

Thanon berharap di setiap propinsi diperlukan 1-2 kota yang berani menawarkan diri sebagai kota pensiun.  Di sini kalangan lansia merasa nyaman dengan kondisi kota. Di luar negeri sejumlah kota sudah menerapkan konsep seperti itu.  Tahun ini surat kabar Huffington Post memunculkan 12 kota  masuk kategori layak huni bagi pensiunan. Sementara di Indonesia konsep seperti itu butuh perjalanan panjang mengingat belum ada kementerian, lembaga, dan media yang memberikan perhatian terhadap kota layak lansia.

“Kalau melihat Magelang atau Ciamis menurut saya  cocok dijadikan kota ramah lansia, tapi kepala daerahnya pasti tidak menginginkan kotanya jadi kota seperti itu. Padahal di balik ketenangan kota pensiun tersimpan potensi ekonomi yang cukup menjanjikan dan seharusnya banyak yang berminat,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me