Trik Membersihkan Noda di Furnitur Kayu

Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Furnitur berbahan kayu yang sudah lama, cenderung memiliki noda. Jika tidak intens merawat dan membersihkannya, furnitur akan lebih cepat lapuk dan rusak.

Karena itu, sempatkanlah waktu untuk membersihkan furnitur kayu yang ada di rumahmu, minmal sekali dalam seminggu. Jenis noda yang menempel akan berbeda cara membersihkannya. Seperti apa?

Untuk membersihkan debu, kamu bisa menggunakan lap biasa atau kemoceng. Apabila furnitur memiliki sela-sela kecil atau ukiran, kamu dapat menggunakan kuas halus untuk membersihkannya.

Baca juga: Percantik Furnitur Kayumu dengan Pelapis Terbaik

Bagaimana dengan noda membandel? Kamu bisa menggunakan lap ball. Sebelumnya celupkan ke dalam air dan deterjen. Lalu, diamkan hingga kering.

Selama proses pembersihan, sebaiknya jangan sering-sering menggunakan bahan pembersih furnitur yang mengandung sulvent. Sebab, hal ini bisa merusak lapisan top coating furnitur.

Sedangkan untuk membersihkan noda bekas lilin, kamu bisa memakai hair dryer. Arahkan uap panasnya ke noda lilin sampai meleleh, alu lap dengan kain lembut. Kemudian gosok dengan kain basah yang dicampur sedikit cuka.

Baca juga: 5 Langkah Jitu Punya Furnitur Idaman

Furnitur kayumu ada stikernya? Tenang, stiker gampang disingkirkan. Caranya dengan meneteskan sedikit minyak goreng pada stiker yang ingin dibersihkan, biarkan meresap lalu gosok dengan kain lembut. Ulangi sampai stiker terlepas dan nodanya hilang.

Agar furnitur kayu di rumah awet, sebaiknya hindari meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini berguna agar warna tidak cepat kusam dan lapisan tidak cepat retak atau melengkung.

Selain itu, furnitur kayu di tempat yang kering dapat menghindari munculnya jamur dan rayap.

rumah123.com